Hobi
Aug5

Cara Membuat Cocopeat untuk Hidroponik

Bagaimana cara membuat cocopeat untuk hidroponik? Tahukah Anda, cocopeat adalah bubuk sabut kelapa yang dibuat dengan menghancurkan serabut kelapa sampai berukuran sangat halus. Rangkaian proses ini menghasilkan serat/fiber kelapa dan bubuk kelapa (cocopeat).

Cocopeat merupakan media tanam yang sangat bagus karena sanggup menyerap air dengan baik serta menggemburkan tekstur tanah. Dengan demikian frekuensi penyiraman air pada tumbuhan pun dapat dilakukan seminimal mungkin. Cocopeat juga dapat dijadikan sebagai pakan bagi hewan ternak seperti cacing. Menariknya, beberapa produsen telah mencoba mengolah cocopeat menjadi perabotan dan batubata.

cara-membuat-cocopeat.jpg

Diperkirakan pada beberapa tahun mendatang, cocopeat akan menjadi bahan alternatif yang penting untuk meningkatkan kesuburan tanah. Walaupun dapat menyerap unsur hara secara optimal, sayangnya cocopeat belum mengandung bahan organik sehingga diperlukan upaya pemupukan. Cocopeat pun mempunyai pori-pori yang cukup besar sehingga dapat memaksimalkan penyerapan sinar matahari dan sirkulasi udara.

Kandungan zat tanin yang berlebihan di dalam cocopeat merupakan kekurangan utama dari bahan ini. Perlu diketahui, zat tanin dapat mempengaruhi laju pertumbuhan tanaman sehingga menjadi lebih lambat. Anda bisa menghilangkan kandungan zat tanin tersebut dengan merendam cocopeat di dalam air bersih selama beberapa jam, lalu aduk sampai air berbusa dan ganti dengan air yang baru. Begitu seterusnya dilakukan selama berulang-ulang hingga air sudah tidak berbusa lagi.

Alat-alat yang digunakan :

  • Mesin pengayak
  • Mesin pengepres

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Bubuk sabut kelapa

Langkah-langkah cara pembuatan :

  1. Jemur bubuk sabut kelapa mentah selama sehari penuh untuk menurunkan kadar air yang terkandung di dalamnya hingga mencapai 15 persen.
  2. Bubuk kelapa yang telah kering selanjutnya diayak sehingga menghasilkan bubuk yang memiliki ukuran sangat halus yang biasa disebut dust. Sisa pengayakan berupa bubuk sabut kelapa berukuran kasar bisa Anda olah menjadi bahan pembuat batubata atau papan serbuk.
  3. Dust yang merupakan bubuk sabut kelapa berukuran sangat halus ini kemudian ditekan menggunakan mesin pengepres untuk membentuknya menjadi balok. Tujuannya supaya cocopeat ini mudah dikemas, didistribusikan, dan digunakan sesuai kebutuhan. Pengemasan cocopeat biasanya menggunakan plastik transparan, lalu dikumpulkan di dalam karung.