Hobi
Apr6

Bagaimana Cara Mendesain Taman Rumah Minimalis?

Bagaimana cara mendesain taman rumah minimalis? Konsep minimalis paling tepat diterapkan apabila anda ingin memiliki taman bergaya modern tanpa perawatan yang rumit. Taman minimalis adalah taman yang ditata secara sederhana, menonjolkan sisi keeleganannya, dan relatif tidak begitu luas.

Pada dasarnya, proses pembuatan taman minimalis terbilang mudah. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan konsep rumah yang telah diusung agar keduanya tetap tampak harmonis. Jadi anda tidak membutuhkan bantuan lanskaper taman ataupun desainer interior sama sekali.

desain-taman-rumah-minimalis.jpg

Taman Berdesain Minimalis

Di bawah ini adalah ide-ide untuk mendesain taman bergaya minimalis, selengkapnya :

1. Buatlah Taman Berbentuk Tegas

Bentuk yang tegas menjadi dasar dari setiap desain minimalis, tak terkecuali pada taman. Di sini, anda bisa memanfaatkan pagar sebagai garis pembatas lingkungan taman yang kuat. Jangan lupa sesuaikan juga bahan dan bentuk pagar dengan konsep minimalis. Sebagai contoh, anda bisa memakai pagar besi yang tampak kokoh dengan bentuk sederhana.

2. Pilih Tanaman yang Tepat

Secara garis besar, semua jenis tumbuh-tumbuhan cocok dipelihara di taman minimalis. Semua itu tergantung kembali pada selera anda, tanaman mana yang anda butuhkan dan sukai. Namun jika anda bingung memilih mana tanaman yang paling tepat, biasanya mawar jambe, adenium, siklok, aglaonema, lidah mertua, dan tanaman rambat menjadi pilihan yang paling banyak diambil.

3. Teknik Penataan Tanam-tanaman

Kunci utama dalam penataan tanaman di taman minimalis adalah harmonisasi ketika menempatkan tanaman-tanaman tersebut. Caranya yakni dengan menggabungkan beberapa jenis tanaman yang berbeda sehingga keindahannya bisa saling melengkapi. Bisa juga dengan mengkombinasikan beberapa tanaman yang berwarna sama, namun ukuran dan bentuknya berbeda. Bahkan pot yang menarik pun bisa mengangkat nilai tanaman di dalamnya secara signifikan.

4. Jangan Lewatkan Penggunaan Paving

Paving merupakan bahan material paling standar untuk taman berdesain minimalis. Selain karena bentuknya yang tegas, warna paving yang tampak abu-abu juga mampu menghadirkan nuansa minimalis yang mendalam. Dengan memperhatikan penataan dan peletakan antar-paving dengan tepat, susunan paving-paving ini mampu menciptakan keindahan tertentu yang tampak unik.

5. Hadirkan Air Terjun Buatan

Taman minimalis adalah taman yang sederhana. Dibutuhkan kecermatan untuk menghadirkan ornamen penghias taman, tanpa merusak kesan yang terlihat sederhana itu. Salah satunya adalah dengan menghadirkan air terjun buatan untuk memperindah tampilan taman. Bangunlah ornamen air terjun ini sebagai penyeimbang sisi taman yang dipenuhi tumbuh-tumbuhan. Selain akan mempercantik taman, adanya air terjun juga bisa berfungsi sebagai sarana meditasi dan menenangkan diri.