Hobi
Mar2

6 Tips agar Air Kolam Ikan Tidak Mudah Keruh

Bagaimana tips agar air kolam ikan tidak mudah keruh? Bagi para penghobi ikan hias, memelihara ikan ibarat memelihara air sebagai habitatnya. Tak hanya berpengaruh pada keindahan kolam, air kolam yang jernih juga memungkinkan ikan-ikan yang hidup di dalamnya memiliki kesehatan yang lebih terjamin.

Pada dasarnya, air kolam yang keruh bisa disebabkan oleh sirkulasi air yang tidak lancar. Akibatnya, kotoran pun semakin menumpuk di dasar kolam dan menimbulkan kerak yang susah dihilangkan. Bisa juga dikarenakan pemberian pakan yang berlebihan, sehingga jumlah kotoran ikan dan sisa pakan pun semakin meningkat.

tips-agar-air-kolam-tidak-keruh.jpg

Kolam Ikan Koi

Tips-tips berikut ini akan membantu anda dalam menjaga kejernihan air kolam di rumah :

1. Pasanglah Filter Sesuai Ukuran Kolam

Adanya filter memang terbukti efektif menjaga kualitas kolam ikan. Namun, apa jadinya bila kinerja filter tersebut tidak memadai? Tentu lama-kelamaan air kolam pun akan menjadi keruh karena tidak disaring sepenuhnya. Pemasangan filter sebaiknya harus disesuaikan dengan ukuran kolam yang anda miliki. Selalu nyalakan filter tersebut agar kadar oksigen yang terlarut dalam air mencukupi.

2. Bersihkan Kolam Ikan Setiap Bulan

Idealnya, kolam ikan yang cantik perlu dibersihkan secara menyeluruh minimal setiap sebulan sekali. Hindari membersihkan kolam terlalu sering karena bisa berakibat ikan-ikan yang hidup di dalamnya sukar beradaptasi dan mengalami stres. Akan tetapi, jika keadaan mendesak di mana air kolam tersebut tiba-tiba terlihat sangat keruh, langsung saja dibersihkan. Pembersihan kolam harus dilakukan dengan maksimal, termasuk pada bagian filternya.

3. Ganti Sebagian Air Kolam Secara Berkala

Sama seperti tips sebelumnya, tujuan penggantian air kolam ini adalah untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air pada kolam tersebut. Perlu diperhatikan, air yang diganti cukup sepertiganya saja sehingga tidak menimbulkan perbedaan kondisi air yang mencolok. Sebelum dimasukkan ke kolam, air bersih tersebut perlu diendapkan selama 24 jam. Berikanlah air yang telah diendapkan seharian ini setiap seminggu sekali.

4. Perhatikan Frekuensi Pemberian Pakan Ikan

Memang asyik ya saat-saat memberi pakan ke ikan hias yang kita pelihara. Namun, anda tetap harus memperhatikan porsi pemberian pakan tersebut. Apabila berlebihan, air kolam akan mudah keruh, baik karena jumlah kotoran ikan yang meningkat maupun sisa pakan yang tenggelam di dasar kolam juga bertambah banyak. Hati-hati, hal ini bisa memicu tumbuhnya ganggang hijau dan berakibat racun bagi ikan kesayangan anda.

5. Segera Ambil Kotoran yang Jatuh di Kolam

Kolam ikan yang berada di lingkungan terbuka sangat rawan dikotori oleh benda-benda yang jatuh ke permukaannya. Dedaunan yang gugur, ranting pohon, dan sampah-sampah lainnya sangat mungkin mengotori kolam kesayangan anda. Oleh karena itu, rajin-rajinlah memantau dan berada di sekitar kolam anda. Ketika menemukan sampah, segeralah ambil dan singkirkan sampah tersebut sebelum membusuk di dalam air.

6. Pelihara Juga Ikan Sapu-sapu

Meskipun sebenarnya bukanlah ikan pembersih, namun gerak-gerik ikan sapu terbukti ampuh mampu membersihkan seisi lingkungan kolam. Lebih-lebih, ikan ini juga hobi memakan kotoran dan lumut yang menempel di dasar kolam. Agar lebih efektif, disarankan memelihara ikan sapu-sapu dengan jumlah sesuai ukuran kolam di rumah anda.