Hobi
Feb26

3 Perbedaan antara Landak dan Landak Mini

Tahukah anda, landak dan landak mini merupakan dua spesies yang sangat berbeda. Anggapan bahwa kedua hewan ini sama timbul karena pada bagian punggungnya sama-sama dilengkapi dengan duri. Meskipun begitu, antara landak dan landak mini ternyata tidak terikat satu sama lain dan memiliki perbedaan dalam beberapa hal.

landak-dan-landak-mini.jpg

Landak dan Landak Mini

Ciri Fisik

Perbedaan yang paling mencolok antara landak dan landak mini terletak pada ciri-ciri fisiknya. Ukuran tubuh landak mini jauh lebih kecil ketimbang landak, yakni panjangnya berkisar antara 13 cm sampai 30 cm dengan bobot tubuh mencapai 0,5 kg hingga 1,5 kg. Sedangkan ukuran panjang tubuh landak bisa mencapai dua kali lipat dari landak mini, yaitu 60 cm sampai 90 cm dengan bobot sekitar 6 kg hingga 17 kg.

Sementara itu, jika dilihat dari ukuran fisik anggota tubuhnya, landak mini mempunyai wajah yang berbentuk segitiga, kaki yang mungil, dan jari-jari kaki yang juga berukuran kecil. Sedangkan landak memiliki wajah yang membulat dengan kaki-kaki panjang dan berkuku tajam, yang biasanya digunakan untuk memanjat pohon.

Lingkungan Hidup

Selain penampilannya, habitat asli landak dan landak mini juga ternyata berbeda lho. Landak mini merupakan binatang soliter yang berasal dari Eropa, Asia, dan Afrika. Landak mini akan berhibernasi di musim dingin dan membuat rumahnya di bawah pagar, semak-semak, ataupun bebatuan yang kering.

Sementara itu, habitat asli landak adalah Amerika, Afrika, Eropa, dan Asia. Landak tinggal di berbagai lanskap alami, mulai dari hutan hujan hingga padang rumput dan gurun pasir.

Mekanisme Pertahanan

Adanya duri pada punggung landak mini sering diidentikkan seperti landak, yakni sebagai senjata untuk melindungi tubuhnya. Faktanya, landak mini ini ditutupi duri berukuran pendek yang melekat pada kulitnya dan tidak begitu membahayakan bagi makhluk hidup lainnya. Pada saat berada dalam kondisi terancam, landak mini akan menggulung tubuhnya membentuk bola yang memungkinkan duri-duri di punggungnya lebih menonjol dengan bagian tangan, kaki, dan wajah yang tetap terlindungi.

Sedangkan duri pada landak merupakan senjata utama untuk melindungi diri. Sebagian besar tubuh landak ditutupi duri yang panjang, berongga, dan tajam. Pada saat dalam kondisi normal, duri-duri yang melekat pada tubuh landak ini selalu dalam posisi tidur. Duri tersebut akan berdiri tegak melindungi seluruh tubuhnya jika si landak merasa dalam keadaan yang berbahaya dan terancam. Jika predator memaksakan diri mendekati tubuh si landak, duri tersebut akan menusuk tubuh predator dan terus menempel, sehingga susah dihilangkan dan menimbulkan sakit yang luar biasa. Sementara itu, duri landak yang telah tercabut tadi akan tumbuh kembali dengan yang baru.