Hobi
Nov20

25 Jenis Ikan Mas Koki yang Belum Anda Ketahui

Ikan mas koki (Carassius auratus auratus) termasuk salah satu jenis dari ikan mas (goldfish) yang sudah didomestikasi sehingga memiliki tubuh berbentuk membulat dan bersirip ekor ganda. Saat ini, ikan mas koki merupakan ikan hias air tawar yang paling populer. Pada umumnya, ikan ini dipelihara di akuarium mengingat keindahannya dapat dinikmati dari arah samping. Ikan mas koki mempunyai beranekaragam warna meliputi merah, jingga, kuning, cokelat, hitam, dan putih.

Berkat pola pembudidayaan yang serius, hingga kini telah banyak jenis-jenis ikan mas koki yang dikembangbiakan. Hal ini tidak terlepas dari peran Jepang dan China sebagai negara yang paling berantusias menemukan berbagai macam varian ikan-ikan hias yang baru. Pastinya Anda penasaran kan apa sajakah ragam ikan hias mas koki yang berhasil diciptan? Simak ulasan lengkap dari arafuru.com berikut ini!

1. Common Goldfish

ikan-mas-koki-common.jpg

Common goldfish memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan ikan mas biasa. Yang membedakan hanyalah pada warnanya, di mana ikan ini memiliki badan berwarna terang dan jelas. Macam-macam warna common goldfish antara lain emas, jingga, merah, kuning, hitam, putih, dan lemon.

2. Black Moor Goldfish

ikan-mas-koki-blackmoor.jpg

Sesuai namanya, ikan ini memiliki warna yang hitam legam. Matanya berukuran besar dan menonjol ke luar sehingga tampak menyerupai teleskop. Di beberapa negara ikan black moor goldfish sering disebut juga sebagai ikan popeye (amerika), ikan dragon-eye (china), dan ikan kuro demekin (jepang).

3. Buble Eye Goldfish

ikan-mas-koki-buble-eye.jpg

Di China, ikan buble eye goldfish dinamakan ikan suihogan. Wujud ikan ini begitu unik karena memiliki pipi yang menggelembung seperti balon udara. Sebenarnya ini merupakan kantung yang berisi cairan. Keanehan lainnya, ikan mas koki jenis buble eye ini tidak mempunyai sirip di punggung.

4. Celestial Eye Goldfish

ikan-mas-koki-celestial.jpg

Ikan mas koki ini dinamakan celestial eye karena mempunyai mata yang menghadap ke atas. Sehingga jika dicermati lebih lanjut mata tersebut seolah-olah tampak sedang melihat ke angkasa (celestial). Ikan ini juga memiliki ekor yang berjumlah ganda. Sebutan lain untuk ikan koki celestial eye adalah choten gan goldfish.

5. Comet Goldfish

ikan-mas-koki-comet.jpg

Para penghobi ikan mas koki paling menyukai comet goldfish alias ikan koki ekor komet. Disebut demikian karena tubuh ikan ini kecil dan ramping dengan ekor yang panjang dan bercabang. Gerakannya yang lincah juga semakin membuat ikan ini tampak layaknya komet yang hidup.

6. Ranchu Goldfish

ikan-mas-koki-ranchu.jpg

Ranchu goldfish disebut-sebut sebagai rajanya ikan mas koki. Klaim ini tidak berlebihan sebab ikan ranchu memang terlihat sangat indah. Tubuh ikan ini diselimuti dengan berbagai kombinasi warna seperti jingga, merah, putih, merah putih, biru, hitam, hitam putih, dan hitam merah. Yang spesial, ranchu goldfish mempunyai warna merah menyala di kepalanya.

7. Tosakin Goldfish

ikan-mas-koki-tosakin.jpg

Tosakin goldfish merupakan ikan mas koki dengan sirip ekor yang mengembang seperti kipas. Bentuk ekor tersebut tampak semakin indah karena menyatu di bagian pangkalnya. Bayangkan betapa cantiknya ikan ini saat dipelihara di dalam aquascape yang dihiasi panorama bawah air.

8. Tamasaba Goldfish

ikan-mas-koki-tamasaba.jpg

Satu dari sekian banyak karya para penghobi ikan di Jepang yaitu tamasaba goldfish. Beberapa orang juga kerap menamakannya dengan ikan koki sabao atau ikan koki makerel. Ikan ini tidak begitu lazim karena berbentuk seperti ryukin goldfish, tapi ukuran ekornya sangat panjang.

9. Shukin Goldfish

ikan-mas-koki-shukin.jpg

Shukin goldfish ialah ikan mas koki hasil perkawinan silang antara ranchu goldfish dan oranda goldfish. Itu sebabnya, ikan ini memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dari kedua indukannya. Ikan koki shukin dibuat pertamakali di Jepang pada akhir abad ke-19.

10. Egg Goldfish

ikan-mas-koki-egg.jpg

Egg goldfish mempunyai tubuh yang bulat menyerupai telur. Namun ikan ini tidak memiliki sirip punggung. Ikan koki telur ini biasanya digunakan sebagai indukan dalam persilangan untuk menghasilan ikan koki baru yang berbadan gemuk.

11. Lionchu Goldfish

ikan-mas-koki-lionchu.jpg

Ini merupakan ikan buah perkawinan silang antara lion head goldfish dengan ranchu goldfish. Ikan ini lain daripada yang lain sebab bertubuh besar, lebar, melengkung, dan tidak bersirip atas. Ukuran kepalanya juga lebih besar daripada ikan-ikan koki lainnya. Lionchu goldfish merupakan jenis ikan koki yang berhasil dikembangkan di Thailand.

12. Meteor Goldfish

ikan-mas-koki-meteor.jpg

Salah satu spesies ikan mas koki yang aneh yakni meteor goldfish. Anda bisa memperhatikan gambar di atas untuk membayangkan betapa absurd-nya ikan hias yang satu ini. Selain itu, ikan koki meteor juga sama sekali tidak dilengkapi dengan sirip bagian ekor lho.

13. Butterfly Goldfish

ikan-mas-koki-butterfly.jpg

Jiki goldfish dan rokuri goldfish merupakan sebutan lain dari butterfly goldfish. Ciri-ciri dari ikan ini yaitu memiliki sepasang ekor yang membentuk huruf X layaknya sayap kupu-kupu. Tubuhnya berwarna putih dengan sirip, bibir, dan insang yang berwarna merah. Manis sekali!

14. Veiltail Goldfish

ikan-mas-koki-veiltail.jpg

Veiltail goldfish atau ikan mas ekor cadar adalah ikan koki yang sangat menggemaskan. Keindahan ikan ini terletak pada ekornya yang panjang sekali. Bahkan nilai estetika dari ikan veiltail ini bergantung dari kondisi sirip ekor tersebut.

15. Moor Panda Goldfish

ikan-mas-koki-panda.jpg

Moor panda goldfish bagaikan seekor panda yang hidup di dalam air. Warna ikan ini terdiri dari perpaduan warna hitam dan warna putih. Bentuk matanya yang menonjol keluar semakin menambah daya pikat dari ikan koki panda ini.

16. Demekin Goldfish

ikan-mas-koki-demekin.jpg

Varian dari ikan mas koki bermata teleskop berikutnya adalah demekin goldfish. Beberapa warna yang menyelimuti ikan ini di antaranya merah, merah putih, hitam, hitam putih, cokelat, biru, lavender, dan cokelat biru. Kadang-kadang ikan ini juga memiliki sisik metalik. Sayangnya, meski matanya cukup besar, penglihatan ikan koki demekin sangat buruk.

17. Shubunkin Goldfish

ikan-mas-koki-shubunkin.jpg

Secara harfiah, shubunkin berasal dari bahasa jepang yang berarti brokat merah. Pola warna di tubuhnya sering disebut kaliko. Sedangkan ekornya berjumlah tunggal dan berkilau saat tertimpa cahaya.

18. Ryukin Goldfish

ikan-mas-koki-ryukin.jpg

Bermoncong lancip, ryukin goldfish mempunyai sirip yang lebih besar daripada badannya. Warna ikan koki ini juga sangat menarik contohnya merah marun, merah putih, putih, metalik, dan belacu. Satu yang unik dari ikan ryukin ialah punggungnya bungkuk.

19. Pompom Goldfish

ikan-mas-koki-pompom.jpg

Pompom/pompon/hanafusa merupakan ikan koki yang luar biasa unik. Bagaimana tidak karena di lubang hidung ikan ini terdapat semacam daging yang tumbuh. Kadang-kadang daging tersebut malah tumbuh sampai ke bawah rahangnya. Jadi seolah-olah ini merupakan gading dari si ikan hias ryukin.

20. Chinshurin Goldfish

ikan-mas-koki-chinshurin.jpg

Ikan mas koki yang memiliki sisik seperti mutiara yakni chinshurin goldfish. Tubuhnya tampak lucu karena membulat seperti bola pingpong. Sementara di sekujur badan ikan ini dipenuhi oleh sisik-sisik kecil seperti mutiara.

21. Oranda Goldfish

ikan-mas-koki-oranda.jpg

Oranda goldfish dipercantik dengan tudung kepala yang menonjol seperti buah raspberry. Postur tubuhnya tergolong besar dan memiliki empat ekor yang cukup panjang. Di Indonesia, ikan koki ini dikenal pula dengan sebutan ikan mas koki jambul.

22. Lion Head Goldfish

ikan-mas-koki-lion.jpg

Lion head goldfish merupakan nenek moyang dari ranchu goldfish dan lionchu goldfish. Kekhasan dari ikan ini yaitu memiliki semacam tudung di bagian kepalanya. Ukuran kepala dan tubuhnya juga termasuk besar dibandingkan dengan ikan-ikan koki lainnya.

23. Fan Tail Goldfish

ikan-mas-koki-fantail.jpg

Fan tail goldfish mempunyai ekor yang sepintas tampak seperti kipas. Ciri-ciri lain dari ikan ini yaitu bertubuh bulat, sirip punggungnya tinggi, tidak berpunuk, dan memiliki ekor yang sangat panjang. Bahkan ukuran ekor ikan ini bisa mencapai empat kali lipat daripada ukuran tubuhnya.

24. Nacreous Goldfish

ikan-mas-koki-nacreous.jpg

Paduan warna perak dan bening membungkus ikan koki nacreous sehingga membuatnya terlihat bagaikan mutiara. Seringkali tubuh ikan ini juga dipenuhi corak yang berwarna-warni di antaranya merah, kuning, biru, kelabu, dan hitam. Di kalangan para penghobi ikan hias, nacreous goldfish biasanya disebut pula calico goldfish.

25. Buldog Goldfish

ikan-mas-koki-buldog.jpg

Layaknya anjing buldog, wajah buldog goldfish ini begitu garang dan menyeramkan. Para penghobi umumnya lebih menyukai ikan buldog yang berwarna gelap karena terlihat lebih sangar. Mata buldog goldfish juga berukuran sangat besar.