Furnitur
Jun27

Tips Praktis Memilih Desain Meja Kantor

Banyaknya model dan desain meja kantor saat ini terkadang membuat kita bingung memilih mana yang tepat. Semuanya tampak menarik dengan karakteristiknya masing-masing. Untuk mempermudah anda dalam menemukan mana meja yang cocok, ikuti tips-tips berikut ini :

Kenyamanan Meja

Pastikan faktor kenyamanan selalu menjadi prioritas utama anda ketika ingin membeli meja kerja. Saking pentingnya faktor ini, bahkan meja yang hanya terbuat dari selembar papan pun bisa dikatakan bagus ketika anda merasa nyaman menggunakannya. Jangan pernah mengabaikan faktor ini, sebab anda mungkin akan menggunakan meja tersebut selama beberapa tahun.

Pada umumnya, meja dibuat dengan ketinggian antara 70-80 cm. Tetapi, jika anda memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi, ukuran ini akan membuat anda kurang nyaman sehingga perlu disesuaikan.

Adapun tingkat kenyamanan suatu meja bisa anda cek dengan cara duduk santai dan meletakkan kaki di bawah meja dengan tenang. Bisa juga dengan jalan meletakkan tangan anda secara menekuk 90 derajat.

Cara yang lainnya, cobalah duduk di kursi. Pastikan bentuk kursi sesuai dengan meja sehingga anda tidak merasa canggung saat duduk. Pertimbangkan juga kesesuaian antara lebar dan tinggi kursi dengan lebar dan tinggi meja. Hal ini penting sebab berpengaruh langsung terhadap kenyamanan selama anda bekerja.

Jika dilihat dari penempatan peralatan kerja, setidaknya monitor muat diletakkan sejauh lengan ke belakang. Sehingga ruang-ruang kosong di depannya bisa digunakan saat anda menulis.

desain-meja-kantor.jpg

Bentuk Meja

Ada berbagai bentuk meja yang dijual di pasaran, misalnya meja datar, meja sudut, meja L, dan meja U. Pastikan anda tidak memilih bentuk yang hanya sesuai ruangan, tetapi juga mendukung pergerakan anda di dalam ruangan tersebut.

Meja datar/lurus cocok digunakan saat anda menginginkan ruangan terbuka, karena meja ini memungkinkan anda bisa bergerak bebas. Akan tetapi, ketersediaan ruangan di meja seperti ini sangat terbatas. Sebaliknya, meja berbentuk U membuat anda bebas meletakkan segala sesuatu di sekitar anda. Namun, meja ini juga membutuhkan ruangan yang banyak.

Meja L menawarkan kebebasan dalam menaruh benda-benda di jangkauan anda, mirip meja U. Namun di sisi lain, bentuknya harus disesuaikan dengan ruangan yang digunakan. Sedangkan, meja sudut cocok untuk ruangan dengan bentuk apapun. Tetapi anda akan terjebak pada ketersediaan sudut di ruangan tersebut.

Apapun bentuk meja yang dibeli, pastikan anda telah menyesuaikan ukuran meja dengan ukuran ruangan. Sehingga, di samping anda bisa bekerja dengan nyaman, suasana di ruangan tersebut juga nyaman digunakan untuk berlalu lalang.

Kapasitas Penyimpanan Meja

Pemilihan meja kantor biasanya mengutamakan desain daripada fungsinya. Namun percayalah, bahwa fungsi harus dinomorsatukan karena akan mendukung keefektifan kerja anda secara langsung. Pertimbangkan berapa lebar meja yang anda perlukan, berapa jumlah laci yang dibutuhkan, serta berapa berkas-berkas kerja yang akan letakkan di atasnya.

Kualitas Bahan Konstruksi

Pemilihan bahan meja biasanya terkait dengan gaya yang ingin ditampilkan pada meja tersebut. Namun, alasan praktis juga kerap mempengaruhinya.

Saat ini, meja berbahan laminasi adalah yang paling populer. Pemilihan bahan laminasi sebaiknya diambil papan yang tebal agar daya tahannya semakin kuat menopang beban di atasnya. Dari segi harga, meja ini tergolong yang paling murah jika dibandingkan dengan bahan lainnya.

Jika anda menginginkan meja yang kuat dan tahan lama, pilih bahan dari besi atau baja. Di beberapa toko mebel bahkan anda bisa mengujinya langsung dengan cara naik di atasnya. Sedangkan meja berbahan kayu bisa anda pilih saat menginginkan tampilan meja yang bagus dan berkualitas tinggi.

Gaya

Terakhir, adalah memilih meja kantor berdasarkan gaya. Pilih gaya meja komputer yang bisa membuat anda lebih percaya diri dalam bekerja sehingga anda pun lebih produktif dan hasilnya lebih maksimal.