Furnitur
Jun12

Tips Memilih Wallpaper Dinding yang Tepat

Bagaimana tips memilih wallpaper dinding untuk interior? Saat ini, wallpaper dinding sudah menjadi aksesoris yang sering digunakan pada interior rumah-rumah di Indonesia. Wallpaper dinilai mampu menghadirkan suasana yang lebih menarik jika dibandingkan dengan pemakaian cat dinding. Berikut ini tips-tips bagaimana memilih wallpaper untuk interior rumah anda :

1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Dalam proses pemilihan wallpaper, baik itu motif dan warna kertas dinding yang dipakai, perlu disesuaikan dengan gaya interior. Untuk ruangan yang romantis, pilih motif halus, bunga-bunga, atau garis-garis yang dibungkus dalam background warna pastel. Sedangkan, jika ruangan bergaya kasual, kami merekomendasikan motif polos dengan warna-warni yang natural.

Apabila rumah anda bergaya kontemporer, maka motif geometris, metalik, atau bunga berukuran besar dengan permukaan wallpaper yang mengkilap adalah pilihan sempurna. Namun, jika gaya tradisional yang anda pilih, maka percantik interior dengan wallpaper titik-titik dan garis-garis rumit yang disesuaikan dengan warna furnitur di ruangan tersebut.

memilih-wallpaper-dinding.jpg

2. Sesuaikan dengan Pola Penempatan Wallpaper

Pola penempatan wallpaper juga berpengaruh terhadap tampilan dari wallpaper yang digunakan. Ketika anda memilih untuk menutup semua sisi dinding ruangan dengan wallpaper, maka kertas dinding bertema klasik atau motif garis-garis horisontal akan menciptakan ruangan yang terasa lapang. Bagi anda yang suka dengan tampilan yang trendi, wallpaper sederhana atau wallpaper bermotif besar justru mampu membuat interior tampil kian menarik.

Opsi kedua, jika anda hanya ingin menutup salah satu dinding saja, pilihlah motif yang berani dan mencolok, lalu tempatkan pada dinding yang paling dekat dengan sofa. Agar ruangan terasa mewah, pilihlah permukaan kertas wallpaper yang mengkilap ketika terkena cahaya mampu.

Akan tetapi, bila anda lebih tertarik menempatkan wallpaper dengan cara memotong salah satu dinding dengan wallpaper, maka motif bunga masih menjadi primadonanya. Ada satu tren yang sedang berkembang pada pola penempatan wallpaper seperti ini, yaitu memilih warna wallpaper sama dengan warna cat dinding. Tren ini akan menghasilkan tampilan dinding yang seolah dilukis di bagian tengah-tengahnya.

Terakhir, untuk teknik penempatan wallpaper, adalah di bagian langit-langit saja. Teknik ini akan melahirkan interior bernuansa ala Victoria, sehingga warna-warna khas metalik pun sebaiknya anda pilih jika menggunakan metode ini.

3. Ada Tidaknya Perekat di Wallpaper

Setelah anda memilih motif dan pola penempatan wallpaper, selanjutnya adalah mencari berdasarkan ada tidaknya perekat di kertas wallpaper yang akan dibeli. Wallpaper yang telah disertai perekat di bagian belakangnya akan memudahkan anda pada saat memasangnya ke dinding. Sedangkan, wallpaper tanpa perekat seringkali malah mempunyai daya rekat yang lebih kuat karena kita menggunakan lem khusus.

4. Hindari Memilih Wallpaper Bermotif Kecil dan Rumit

Jika anda masih awam dengan wallpaper, sebaiknya jangan memilih wallpaper bermotif kecil-kecil dan rumit. Kenapa? Kemungkinan besar motif seperti justru akan menyulitkan anda pada saat hendak memasangnya.

Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya, sebelum ditempelkan ke dinding, kertas wallpaper perlu dipotong-potong agar kita lebih mudah dalam memasangnya. Jika motif yang anda pilih terlihat rumit, maka anda pun akan kerepotan pada saat menyusun kembali motif dari wallpaper tersebut.

5. Wallpaper Datar atau Wallpaper 3D?

Di dalam memilih wallpaper berdasarkan teksturnya, anda bisa menyesuaikannya menurut selera anda pribadi. Wallpaper 3D (bertekstur) mampu menambah dimensi serta menutup ketidaksempurnaan suatu ruangan. Sedangkan, kelebihan wallpaper datar yaitu memiliki ragam yang lebih banyak khususnya dari tampilan permukaannya.

Secara umum, wallpaper datar mampu melembutkan dinding ruangan, sedangkan wallpaper 3D akan menciptakan interior yang santai. Jika anda ingin menutupi kekurangan dinding ruangan tapi tidak menyukai wallpaper 3D, pilih wallpaper datar dengan motif garis-garis (garis vertikal untuk menambah tinggi, sedangkan garis horisontal untuk menambah luas).

6. Berapa Banyak Wallpaper yang Akan Dibeli?

Sebenarnya, untuk mengetahui seberapa banyak wallpaper yang anda butuhkan itu sangatlah mudah. Pertama-tama, ukur panjang dan lebar masing-masing sisi dinding, lalu tambahkan semuanya untuk mengetahui luas dinding secara keseluruhan. Setelah hasilnya didapat, hasil tersebut kemudian dikurangi dengan luas pintu dan luas jendela. Inilah ukuran wallpaper minimal yang harus anda beli. Namun, sebaiknya hasil tersebut kemudian ditambahkan sekian meter untuk berjaga-jaga anda kekurangan wallpaper akibat potongan dan sambungan.