Furnitur
Jul10

3 Tips Cerdas Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis

sofa-ruang-minimalis.jpg

Bingung memilih sofa ruang minimalis untuk interior rumah? Desain rumah minimalis belum bisa dikatakan sempurna jika furnitur yang digunakan untuk menghiasi interior ruangan tidak mencerminkan sifat minimalis. Salah satu furnitur yang paling penting dan menjadi maskot dalam desain interior adalah sofa. Pada umumnya, seluruh anggota keluarga paling sering menghabiskan waktu di atas sofa. Entah saat makan lah, nonton lah, atau bercengkrama dengan teman-temannya. Oleh sebab itu, selain faktor kenyamanan sofa, Anda pun perlu memperhatikan faktor bentuk dan warna sofa yang tepat agar suasana ruang minimalis bisa diciptakan.

Sofa yang bergaya minimalis memiliki desain yang sederhana dan tidak rumit. Garis dan bentuk sofa minimalis bisa dilihat dengan jelas. Agar Anda berhasil menemukan sofa dengan dua kriteria ini, cobalah berfokus pada sisi ukuran dan bentuk sofa yang rata. Sebagai contoh, seperti trend sofa yang terjadi akhir-akhir ini yaitu sofa berbentuk kotak atau kubus. Kelebihan dari desain sofa seperti ini yaitu garis datar yang dihasilkan oleh bangun kubus bisa menambah nilai kesederhanaan ruangan.

Bentuk geometri kubus memang sesuai jika dijadikan sebagai bentuk utama sofa minimalis. Kerapian dan kebersihan yang dibentuk oleh bangunan geometri ini terlihat serasi ketika disandingkan dengan desain minimalis yang sederhana. Selain pada sofa, bentuk kubus ini juga bisa Anda munculkan pada penggunaan lemari, meja, dan furnitur lainnya.

Berikut ini beberapa tips cara memilih sofa minimalis untuk rumah Anda :

1. Warna Sofa

Pilih sofa yang mempunyai warna kontras dengan warna ruangan. Contohnya, jika ruang keluarga Anda berwarna putih, pilih sofa dengan warna abu-abu atau hitam. Ketika Anda menambahkan warna baru ke sebuah ruangan, maka suasana di dalam ruangan tersebut akan berbeda dari sebelumnya. Dengan cara ini Anda telah menciptakan hiasan ruangan yang sederhana dan bermanfaat dengan baik. Untuk Anda yang memiliki ruangan sempit, warna ini juga mempunyai satu kelebihan lagi yakni mampu menyembunyikan ukuran asli ruangan sehingga ruangan terlihat lebih luas.

2. Bahan Pembuat Sofa

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sofa juga perlu Anda perhatikan. Untuk desain minimalis ada dua pilihan bahan sofa yang terbaik, yaitu beludru dan kulit. Masing-masing bahan sofa ini mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Misalnya saja untuk bahan sofa dari kulit, bahan ini sangat mudah untuk dibersihkan dan akan menjadi suatu furnitur yang mewah. Namun di sisi lain, harga bahan kulit ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan dari beludru.

3. Bentuk Sofa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bentuk sofa juga sangat berperan dalam mendukung desain minimalis. Bentuk sofa yang paling direkomendasikan adalah kotak datar tanpa ada lengkungan. Hindari penggunaan ornamen hiasan dan motif-motif rumit pada permukaan sofa. Rawat sofa kesayangan Anda agar bisa terlihat selalu bersih dan cantik.