Tips Memilih Lemari Kabinet Dapur

Apakah Anda membutuhkan tips memilih lemari kabinet dapur? Ada banyak  cara yang bisa dilakukan untuk mendesain dapur supaya kelihatan lebih menarik dan terasa segar kembali. Anda bisa mencoba mengecat dinding ruangan atau menggantungkan beberapa pot kecil berisi tanaman herbal. Alternatif lain, Anda dapat pula memasang lemari atau rak kabinet dapur.

Saat ini, lemari kabinet dapur telah dirancang dengan berbagai ragam model dan bahan baku. Tidak hanya kayu solid, kabinet pun banyak pula yang terbuat dari particle board, kayu laminasi, hingga material logam. Namun dalam pemilihannya, Anda harus memperhatikan beragam faktor mengenai karakteristik material pembentuk kabinet tersebut. Di antaranya meliputi sifat, kelebihan dan kekurangan, serta cara perawatannya.

memilih-lemari-kabinet-dapur.jpg

Berikut ini kami jelaskan tentang berbagai jenis kabinet dapur menurut bahan dasarnya!

  1. Lemari Kabinet Kayu

Kabinet kayu biasanya terbuat dari kayu bercampur veneer di bagian dindingnya serta kayu solid di pintunya. Maksud penggunaan veneer ialah untuk memperjelas penampakan serat-serat kayu sehingga tampak lebih indah. Jika dibandingkan dengan bahan lain, kabinet yang terbuat dari kayu merupakan pilihan yang terbaik karena desainnya tampak fleksibel dan memiliki daya tahan yang tinggi. Bahkan kabinet kayu pun mampu mengentalkan suasana klasik di dapur.

Anda bisa merancang kabinet kayu dengan bentuk dan ukuran sesuai keinginan agar lebih cocok dengan kondisi dan suasana di dapur. Namun bila dana yang Anda miliki tidak terlalu banyak, tidak ada salahnya mengambil produk yang sudah ready stock. Perlu dipahami bahwa musuh utama kabinet kayu ialah kelembaban. Jadi usahakan sirkulasi udara di dapur Anda lancar apabila ingin memasang kabinet ini. Sedangkan untuk perawatannya, Anda bisa mengelap permukaan kabinet menggunakan air hangat yang dicampur sabun cuci piring.

  1. Lemari Kabinet Particle Board

Particle board, papan partikel, atau kayu MDF pun sering digunakan sebagai bahan baku lemari kabinet dapur. Kebanyakan kabinet yang terbuat dari material ini dibanderol dengan harga yang lebih murah karena bahan bakunya merupakan daur ulang. Apabila Anda tertarik untuk membeli kabinet particle board, pastikan resin yang digunakan aman bagi kesehatan manusia. Pasalnya kondisi di dapur yang penuh dengan air dan panas mampu melepaskan zat kimia yang terkandung di dalam resin tersebut.

Tingkat permintaan yang tinggi membuat model kabinet yang terbuat dari particle board kini tersedia dalam berbagai pilihan yang banyak. Jika diaplikasikan secara tepat, kabinet ini pun dapat menyerap kandungan karbondioksida di dalam dapur. Sayangnya, kabinet particle board rawan sekali terhadap air. Kemampuannya dalam menahan bobot benda pun tidak terlalu baik sehingga Anda tidak boleh memasukkan barang yang terlalu banyak di dalam kabinet ini. Disarankan bersihkanlah permukaan kabinet memakai kain yang lembab minimal seminggu sekali.

  1. Lemari Kabinet Laminasi

Lemari kabinet laminasi juga saat ini semakin banyak disukai oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Ini disebabkan oleh banyaknya pilihan warna, corak, dan tekstur yang dimiliki oleh kabinet yang satu ini. Paling cocok, lemari kabinet ini dimasukkan di dapur yang dirancang dengan desain minimalis.

Biasanya kabinet dari laminasi dihiasi menggunakan warna putih atau gading. Keunggulan dari kabinet ini yaitu tahan lama dan tahan noda. Tapi kekurangannya adalah lemari ini sulit diperbaiki karena bahan baku laminasi sendiri terdiri dari beberapa lapisan. Agar senantiasa terlihat menawan, Anda perlu mengelap permukaan kabinet ini secara rutin memakai kain yang lembab.

  1. Lemari Kabinet Logam

Semakin mahalnya bahan kayu memaksa beberapa produsen untuk menciptakan kabinet yang terbuat dari bahan alternatif seperti logam atau metal. Dari sekian banyak bahan logam, mayoritas produsen umumnya memilih stainless steel dan aluminium. Alasannya karena kedua logam tersebut mempunyai daya tahan yang lama, gampang dibersihkan, tahan terhadap udara dan air, bobotnya cukup ringan, serta harganya terjangkau.

Lemari kabinet logam merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dapur yang bernuansa modern. Lemari ini sudah pasti kuat, ringan, dan anti rayap. Hati-hati saat menggunakan kabinet ini sebab sulit sekali menghilangkan goresan atau penyok yang timbul. Anda bisa membersihkan kabinet logam menggunakan kain microfiber dan cairan pembersih khusus agar tampak mengkilap.