Furnitur
Jul4

Tips Memilih Karpet untuk Ruang Tamu

Bagaimana tips memilih karpet untuk ruang tamu yang tepat? Salah satu aksesoris wajib yang harus ada di ruang tamu adalah karpet. Berbeda dengan zaman dulu, karpet saat ini juga digunakan sebagai aksen ruangan. Tampilan karpet bisa menjadi cerminan dari kepribadian Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilihnya secara tepat agar selera desain yang Anda miliki tertuang di sana.

Berikut ini sejumlah tips membeli karpet baru yang digunakan untuk keperluan dekorasi ruang tamu :

1. Karpet Mewah atau Karpet Berkualitas

Apabila di rumah Anda ada seorang balita atau hewan peliharaan, maka sebaiknya jangan memilih karpet yang mewah dan mahal. Hal ini karena Anda akan mengalami kesulitan saat mempertahankan kualitasnya. Sebaliknya, untuk ruangan yang banyak orang berlalu-lalang di dalamnya, kualitas yang tahan lama lah yang menjadi faktor nomor satu.

2. Keselarasan Tampilan Karpet dengan Desain Ruangan

Poin selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah memilih karpet yang sesuai dengan pernak-pernik ruangan yang lain. Hal ini menjaga keberhasilan Anda saat membangun konsep desain ruang tamu. Di sisi lain, jika Anda berniat merancang ruangan yang benar-benar baru, maka desain karpet bisa menjadi patokan untuk mengembangkan ke desain ruangan.

3. Pemilihan Warna Karpet yang Sesuai dengan Pencahayaan

Pencahayaan di ruang tamu akan menentukan warna apa yang cocok untuk Anda pilih. Jika cahayanya cukup terang, maka Anda bisa menggunakan karpet yang bernuansa gelap. Sedangkan untuk menciptakan ketenangan, pilih warna karpet yang sejenis dengan warna dinding.

4. Memilih Karpet untuk Ruang Tamu Kecil

Apabila ruang tamu yang Anda miliki berukuran kecil, Anda bisa membuatnya terlihat lebih luas dengan memilih karpet berpenampilan ringan. Penggunaan jenis warna seperti ini mampu memberikan perasaan hangat dan nyaman di dalam ruangan selama musim hujan.

5. Mencuci Karpet itu Penting

Noda akan menjadi salah satu faktor yang mampu merusak motif karpet. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkannya secara teratur agar terjaga tampilannya.

Berikut ini jenis-jenis karpet yang dibedakan menurut bahan pembuatnya :

  1. Karpet Kain : Karpet yang terbuat dari kumpulan benang yang ditenun. Merupakan karpet yang mahal karena desain dan motif yang dimilikinya sangat menarik.
  2. Karpet Benang : Karpet ini terbuat dari benang yang ditumpuk secara acak dengan pola melingkar. Merupakan karpet paling berkualitas dan tahan lama karena kepadatan dan banyaknya benang yang digunakan untuk membuatnya.
  3. Karpet Cut Pile : Disebut cut pile karena ujung benang di bagian atasnya dipotong. Karpet ini dibuat dibuat dengan cara yang sama dengan karpet benang dan memiliki tampilan yang lebih rapi.