Furnitur
May24

Tips Memilih Karpet yang Hangat

tips-memilih-karpet-lantai.jpg

Bagaimana tips memilih karpet yang hangat? Sejak ratusan tahun lalu, karpet dikenal manusia sebagai pelengkap dekorasi ruangan. Pemakaiannya tidak terbatas sebagai pelapis lantai, bahkan dapat digunakan sebagai alas duduk pengganti kursi. Di negara timur tengah, konon duduk di atas karpet justru lebih santai dan akrab dibanding duduk di atas kursi.

Lebih dari itu, “si tebal hangat” ini ternyata mampu meredam gaya dingin pada lantai. Jika karpet ditempatkan dalam ruang keluarga, Anda dapat bercengkrama di atasnya tanpa terusik hawa dingin dari lantai. Bahan karpet yang halus dan hangat tentu menjadi kenyamanan tersendiri bagi Anda.

Untuk itulah, karpet dibuat dari bahan-bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai. Salah satunya bahan Acri yang terkenal halus dan bahan wool yang berkesan hangat. Karpet berbahan Acri banyak digunakan untuk ruang keluarga, ruang tidur, hingga ruang tamu. Sementara bahan braided yang berserat kasar dan rapat banyak digunakan pada tangga rumah.

Pemakaian karpet juga disesuaikan dengan fungsinya. Jika karpet dipakai dalam gedung, maka bisa menutupi seluruh ruangan. Selain mampu meredam suara, juga berfungsi menambah kesan hangat. Berbeda dengan karpet yang digunakan di dalam rumah. Ada kalanya karpet hanya dipakai sebagai aksen pada sofa. Atau dengan menempatkannya di bawah sofa atau di bawah meja ruangan tamu, penampilan ruangan rumah Anda akan lebih apik dan menarik.

Kini karpet hadir dalam berbagai motif dan aksen beragam. Bagi penggemar gaya klasik, Anda dapat memilih karpet dengan motif berbentuk bunga penuh. Bagi Anda yang berjiwa muda, karpet bermotif minimalis dan modern akan semakin serasi jika dipadankan dengan furnitur yang serupa.

Selain motif, faktor lain yang patut dipertimbangkan dalam memilih karpet adalah warna. Pilih warna yang sesuai dengan tema ruangan atau model yang Anda suka. Bagi pecinta model minimalis, Anda dapat memilih warna-warna tanah seperti krem atau merah maroom. Jika Anda lebih berani bermain dengan warna, pilih warna-warna kontras dalam nuansa modern. Anda dapat memilih padu padan warna biru, hitam, merah, atau putih dalam satu karpet.

Bagi penggemar corak kartun atau binatang, kini banyak dibuat karpet dengan bentuk lucu dan menarik. Karpet seperti ini biasanya dipakai dalam ruang tidur anak maupun sebagai pajangan semata. Bentuk kereta atau bunga-bungaan, selain indah, juga nampak ceria dan hangat.

Karpet acapkali digunakan sesuai bentuk dan ruangan yang akan ditempati. Bentuk oval atau bulat kerap digunakan pada ruang makan dengan menempatkannya di bawah meja. Sementara karpet berbentuk persegi empat sejajar biasa digunakan sebagai alas ruang tamu atau ruang keluarga. Bentuk karpet memanjang selain digunakan pada tangga juga kerap dipakai pada lorong penghubung dari satu ruang ke ruang lain.

Untuk membersihkan karpet dari debu dan kotoran ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Cukup menggunakan vakum cleaner tiga hari sekali atau mencucinya minimal dua kali dalam setahun. Apapun motif dan bentuk karpet pilihan Anda, pastikan sesuai dengan selera dan kenyamanan yang Anda inginkan.