Furnitur
Apr29

Tips Memilih Handle Pintu yang Murah tapi Bagus

Perlu tips dalam memilih handle/pegangan pintu? Handle pintu merupakan pegangan yang dipasang di pintu serta berfungsi untuk mempermudah dalam membuka dan menutup pintu. Kendati memiliki ukuran yang kecil, pemilihan handle pintu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Pasalnya selain mempengaruhi keindahan pintu, handle tersebut juga menjamin suatu pintu senantiasa aman.

Ada begitu banyak handle pintu yang tersedia di pasaran Indonesia saat ini. Mulai dari pegangan yang terbuat dari plastik, kayu, atau logam sampai dengan pegangan pintu yang bergaya modern dan klasik. Di satu sisi banyaknya pilihan handle pintu tersebut akan menyediakan opsi yang beraneka ragam sehingga kita bisa menentukan mana yang paling tepat. Namun di sisi lain, opsi yang terlalu banyak ini justru sering mengakibatkan kebingungan tersendiri dalam pemilihannya.

tips-memilih-handle-pintu.jpg

Biar makin gampang dalam memilah-milih pegangan pintu (door handle) yang sesuai dengan rumah Anda, catat lah tips-tips sebagai berikut!

1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

Handle merupakan focal poin di pintu. Itu sebabnya, walau wujudnya mungil, pegangan ini sangat berpengaruh dalam membentuk estetika pintu. Sebaiknya desain handle disesuaikan dengan gaya rumah secara keseluruhan. Handle pintu yang modern biasanya terbuat dari bahan chrome atau stainless steel, berwarna keperak-perakan, dan memiliki bentuk yang sederhana. Sebaliknya handle untuk desain pintu rumah klasik umumnya terbuat dari tembaga, kuningan baja, atau logam yang lain serta dihiasi warna kuning keemasan atau abu-abu gelap.

2. Perhatikan Letak dan Posisi Pintu

Antara pintu yang berfungsi sebagai pintu utama dan pintu ruangan membutuhkan handle denggan spesifikasi yang berbeda-beda. Letaknya yang berada di luar rumah mengharuskan pegangan untuk pintu utama mempunyai kekuatan yang kokoh sehingga keamanan seluruh penghuni rumah dapat terjamin. Pegangan pintu utama juga wajib memiliki ketahanan yang tinggi terhadap perubahan cuaca yang drastis, dilengkapi dengan sistem pengunci yang rumit, dan sulit mengalami kerusakan. Sementara itu, pegangan untuk pintu ruangan sebaiknya diseragamkan, baik dalam bentuk, ukuran, dan warna.

3. Pemilihan Bahan Pembuat Handle

Pemilihan bahan pembuat handle pintu harus memperhatikan daerah di mana rumah tersebut berada. Jangan memasang pegangan pintu yang terbuat dari tembaga, kuningan, dan perak untuk rumah yang berlokasi di pesisir pantai karena kilau warnanya akan cepat memudar akibat terus-menerus terhampar oleh angin yang mengandung kadar garam cukup tinggi. Begitu pula jika rumah berada di daerah-daerah yang mempunyai kelembaban tinggi, hindari menggunakan handle pintu rumah berbahan kayu sebab mudah keropos dan lapuk.

Kini para produsen biasanya membuat pintu sekaligus dilengkapi dengan handle-nya langsung. Sayangnya bila Anda kurang jeli dalam memilihnya, tidak sedikit handle yang digunakan tersebut memiliki kualitas standar atau bahkan di bawah rata-rata demi memperkecil biaya produksi. Beruntung jika Anda kurang sreg dengan pegangan pintu tersebut, Anda tetap bisa kok menggantinya asalkan ada biaya tambahan.

Kami sarankan beli lah pintu di toko perabotan yang terpercaya agar Anda bisa mendapatkan pintu yang murah namun dilengkapi dengan handle yang bagus.