Aksesoris, Furnitur
May4

Tips Memilih Gorden untuk Interior Rumah

Sponsored Links

tips-memilih-gorden.jpg

Di dalam memilih gorden atau tirai yang cocok untuk dipasang di rumah, ada sejumlah faktor yang harus Anda pertimbangkan. Selain gaya dan warnanya harus tepat, Anda juga harus memperhatikan ukuran dan ketinggiannya. Faktor lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah lingkungan tempat tinggal Anda, apakah memerlukan gorden untuk menahan udara dingin atau hanya sebatas sebagai aksen dekoratif.

Bagaimana Cara Memilih Tekstur dan Warna Gorden?

Tekstur

Untuk memilih tekstur bahan kain gorden, perhatikanlah suasana ruangan yang ingin diciptakan. Di ruangan yang bersifat formal, Anda bisa memilih bahan dari kain sutra atau beludru. Pilihan kain lainnya yang bisa lebih mudah dicuci adalah campuran kain rayon halus dan katun saten. Sedangkan untuk ruangan yang bersifat santai, Anda bisa memilih kain linen yang menggelembung atau kain beludru berkerut. Kain kapas juga bisa dengan mudah diserasikan dengan konsep ruangan apapun karena teksturnya yang rapi seperti kain wol.

Warna

Pemilihan warna gorden didasarkan pada apakah desain gorden akan disatukan dengan desain ruangan untuk mempermanis tampilannya. Jika iya, pilih warna gorden yang senada dengan warna dinding ruangan tetapi lebih gelap, bisa juga menggantinya dengan warna netral. Sedangkan, penggunaan warna yang bersifat berani akan membuat gorden terlihat menonjol. Perlu diingat, untuk ruangan yang banyak terkena sinar matahari, gorden dengan warna yang bergaris-garis akan semakin memperindah tampilan ruangan.

Corak dan Pola

Aturan desain interior, umumnya jika furnitur ruangan sudah memiliki motif, biarkan gorden tampil polos. Begitu juga sebaliknya, jika furnitur tanpa motif, maka pilih gorden dengan motif yang menarik. Motif umum yang banyak disukai orang dan terlihat bergaya adalah motif berukuran kecil dan bersifat netral, contohnya adalah titik dan garis. Motif seperti ini, akan terlihat memiliki tekstur yang indah ketika dilihat dari jarak jauh. Sedikit tips dari kami, pilih motif gorden yang masih berhubungan dengan konsep ruangan agar bisa terlihat serasi.

Berapa Panjang Gorden yang Ideal?

Luas ruangan merupakan salah satu penentu ukuran panjang gorden yang ideal. Biasanya panjang gorden yang ada di pasaran tersedia dalam ukuran antara 62-145 inci. Untuk menentukan panjang yang tepat, cobalah mengukur dari dasar mana batas gorden akan menggantung, lalu tarik naik hingga ke atas jendela. Selain itu, tren yang berkembang saat ini adalah membiarkan gorden menjuntai di lantai. Apabila gorden terlalu pendek, akan membuat suasana di ruangan menjadi kaku.

Berikut ini dua macam pengukuran panjang gorden, antara lain :

1. Hanya Menyentuh Lantai

Gorden dengan pengukuran seperti ini bergaya klasik dan cocok untuk Anda yang sering membuka dan menutup gorden. Pangkal kain menyentuh lantai atau berada di antara bagian bawah jendela dan lantai. Gorden seperti ini bekerja dengan baik untuk dapur dan kamar mandi.

2. Menjuntai ke Lantai

Desain gorden dengan kain yang menempel di lantai sepanjang 1-3 inci adalah tren saat ini. Gorden seperti ini terlihat lebih santai daripada yang sebelumnya. Pemasangan gorden ini, harus dihadirkan secara berpasangan dan tidak boleh hanya sebelah saja. Gorden ini juga mampu menutupi kekurangan dalam desain lantai interior rumah. Suasana kamar yang tercipta pun akan romantis. Yang perlu diperhatikan adalah pemeliharaan gorden ini harus dilakukan secara rutin karena sering kotor terkena debu.

Bagaimana dengan Pemilihan Lebarnya?

Untuk memastikan gorden terlihat cantik saat ditutup, pastikan gorden memiliki ukuran lebar sebesar 2-2,5 kali lebar jendela. Kecuali jika Anda memasang gorden hanya sebagai hiasan dan tidak akan menutup jendela dengannya, maka lebar gorden adalah 1,5 kali. Yang perlu diperhatikan adalah pola lipatan gorden akan semakin mempermanis tampilannya.

Tags: aksesoris gorden memilih

Sponsored Links

  • SHARE!

Related Posts

Leave a Reply