Furnitur
Jul8

Tips Memilih Furnitur Ruang Tamu

Bagaimana tips memilih furnitur ruang tamu? Salah satu unsur pembangun dekorasi ruang tamu adalah furnitur. Saat ini ada banyak sekali macam, bentuk, bahan, dan warna furnitur rumah. Semuanya tampil menawan dengan tampilan khasnya. Adapun untuk teknik memilih furnitur yang tepat, ikuti tips-tips berikut ini :

Apa Konsep Ruang Tamu yang Hendak Dibangun?

Ada banyak desain ruang tamu yang saat ini sedang populer. Beberapa di antaranya yaitu minimalis, modern, kontemporer, klasik, dan mewah. Pemilihan furnitur minimalis lebih berfokus pada bentuk yang geometris, padat, tidak banyak ornamen, dan sederhana. Furnitur modern dan kontemporer memiliki bentuk yang ramping, bersih, dan berwarna netral. Kaca, logam, dan pernis mengkilap juga menjadi ciri khasnya. Furnitur klasik terlihat formal dan menggunakan jenis warna hangat. Sedangkan untuk furnitur mewah, biasanya menerapkan bentuk khas furnitur luar negeri seperti di Italia, Perancis, Spanyol, dan Amerika. Adapun warna yang dipilih adalah jenis warna tanah.

Mulailah dari Furnitur Dasar Terlebih Dahulu

Menambah furnitur yang beraneka ragam justru akan membuat suasananya menjadi kacau. Biasanya untuk ruang tamu, furnitur yang mengisi adalah sofa, kursi, meja utama, dan meja samping. Pertimbangkan terlebih dulu bagaimana pemilihan furnitur-furnitur ini sebelum Anda berlanjut membeli furnitur tambahan lainnya.

Untuk Ruangan Kecil, Pilihlah Kursi

Jika ukuran ruang tamu di rumah Anda tidak terlalu luas, sebaiknya pilihlah tempat duduk berupa kursi daripada sofa. Kursi memiliki bentuk yang lebih ramping dan terbuka sehingga tidak akan mempersempit ruangan secara penuh. Pilihan kursi juga cocok bagi ruang tamu yang hanya digunakan untuk menerima tamu saja.

Beli Furnitur yang Berkualitas Tinggi

Tampilan mewah oleh bahan berkualitas tinggi akan membuat Anda merasa lebih percaya diri saat menerima tamu. Furnitur ini juga cenderung lebih awet daripada furnitur yang berharga murah. Pemilihan furnitur yang dilapisi kain anti noda sangat berguna terutama untuk rumah yang memiliki anak-anak.

Tambahkan Bantal Hias Sebagai Pemanis

Bantal busa yang nyaman mampu mengangkat nilai dekorasi ruang tamu secara signifikan. Ukuran bantal yang dipakai jangan terlalu besar dan cukup proporsional karena bukan ditujukan sebagai sandaran maupun dudukan. Pilih sarung bantal yang menarik dan sesuai dengan desain yang ingin diciptakan.