Furnitur
Oct27

Tips Lengkap Menata Furniture biar Nyaman dan Teratur

Ada kesulitan saat menata furniture di rumah? Dari sekian banyak proses mendekorasi rumah, penataan furniture memang paling banyak membutuhkan perhatian. Bentuknya yang beranekaragam membuat perabotan-perabotan ini harus ditempatkan dengan benar. Terlebih, furniture juga berpengaruh besar terhadap kenyamanan suatu ruangan.

Tips-tips dari Arafuru.com berikut ini akan memandu anda bagaimana menata furniture dengan tepat.

1. Tak Perlu Simetris

menata-furniture.jpg

Menata furniture dengan pola simetris memang lebih mudah. Hanya saja penataan seperti ini akan menyia-nyiakan aspek arsitektur yang bisa lebih dimaksimalkan. Ruangan berpola simetris juga terlihat kurang unik dan cepat membosankan. Apalagi bagi anda yang sibuk, tentunya ingin ruangan yang bersifat dinamis. Pola penataan simetris lebih cocok diterapkan pada rumah bergaya klasik.

2. Utamakan Keseimbangan

tips-menata-furniture.jpg

Mengatur penempatan furniture sehingga tampak seimbang antara sisi kiri dan kanan adalah keharusan. Jangan biarkan ruangan timpang sebelah sehingga terasa padat di satu sisi dan kosong di sisi lainnya. Kunci penataan asimetris ini, anda harus memastikan seluruh perabotan di rumah mampu mengisi setiap sudut ruangan dengan porsi yang pas dan merata.

3. Pastikan Berfungsi Baik

cara-menata-furniture.jpg

Penataan furniture yang menarik tidak ada gunanya jika suasana yang tercipta tidak seperti yang diinginkan. Pengaturan sebaiknya dilakukan berdasarkan kebiasaan penghuni rumah dalam memanfaatkan suatu ruangan. Sebagai contoh, rumah yang sering dikunjungi tamu perlu menyediakan ruangan yang santai. Oleh sebab itu, pengaturan tempat duduknya dilakukan dengan menempatkan sofa dan meja yang nyaman untuk bercakap-cakap.

4. Diperlukan Kreatifitas

inspirasi-menata-furniture.jpg

Kreatifitas memang sangat diperlukan dalam mendekorasi ruangan, khususnya menempatkan furniture di rumah. Terlebih untuk ruangan yang sempit, anda perlu mensiasatinya dengan cerdik agar ruangan tampak indah sekaligus nyaman ditempati. Misalnya dalam hal pemilihan tempat duduk, ruangan kecil memaksa kita untuk menggunakan kursi sedang tanpa lengan. Agar lebih fleksibel, anda bisa menambahkan kursi berjenis ottoman sebagai area duduk tambahan.

5. Buat Furniture Menyatu

kreasi-menata-furniture.jpg

Yang tak kalah penting, buatlah penataan furniture di suatu ruangan tampak menyatu. Lemari, rak, kursi, meja, dan karpet harus bisa saling mendukung secara harmonis. Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah anda mengatur dua area duduk yang saling berpunggungan (bagian belakang kursi saling berhadapan) sehingga mengakibatkan interior terasa pisah dan sesak. Biarkanlah kursi-kursi ini saling melengkapi meskipun ditujukan untuk keperluan berbeda, misalnya satu untuk ruang makan dan satunya lagi untuk ruang tamu. Dengan begini, nuansa yang tercipta pun akan menyebar ke seluruh ruangan.