Furnitur
Sep24

Ternyata Begini Cara Memplitur Kayu yang Benar!

cara-memplitur-kayu.jpg

Bagaimana cara memplitur kayu yang benar? Salah satu cara untuk meningkatkan nilai dari furniture berbahan kayu adalah dengan plitur. Berbeda dengan cat kayu, plitur ini memiliki warna transparan keemasan sehingga memungkinkan hasil akhirnya berupa warna kayu asli yang mengkilap.

Perlu diketahui, pengerjaan memplitur kayu ini tidak semudah mengecat. Diperlukan serangkaian tahapan yang cukup panjang dan ribet. Jika anda salah dalam mengaplikasikannya, justru tampilan furniture tersebut lah yang akan rusak.

Alat dan Bahan :

  • Ampelas
  • Plitur
  • Kuas
  • Kain plitur
  • Kain lap
  • Wadah
  • Masker
  • Pernish

Langkah-langkah :

  1. Pakailah masker agar aroma plitur tidak terhirup. Perlu diketahui, bau plitur yang masuk tubuh ini akan sangat berbahaya bagi saluran pernapasan kita.
  2. Selanjutnya, haluskan permukaan furniture yang akan diplitur memakai ampelas. Pastikan semua permukaannya benar-benar bersih dan rata agar hasil akhirnya nampak halus sempurna.
  3. Tuangkan cairan plitur secukupnya ke dalam wadah bekas. Tambahkan air dengan perbandingan 1:10 untuk mengencerkan cairan plitur tadi. Adapun fungsi dari campuran ini adalah sebagai lapisan dasar.
  4. Usapkan cairan plitur yang telah diencerkan tersebut menggunakan kuas secara merata. Kerjakan dengan rapi. Apabila ada cairan yang menumpuk di pinggiran furniture, hapuslah segera memakai kain lap. Adapun lapisan plitur encer ini dilakukan sebanyak dua kali.
  5. Setelah lapisan plitur dasar tersebut telah mengering, biasanya serat-serat kayu furniture akan timbul keluar permukaan. Gunakan ampelas untuk menghaluskannya sekali lagi.
  6. Untuk mengaplikasikan furnishing plitur, kita tidak menggunakan kuas melainkan dengan bantuan kain plitur. Gulung-gulung kain plitur tersebut lalu celupkan ke dalam cairan plitur murni. Kemudian, usapkan lah secara merata ke seluruh permukaan furniture. Tekan-tekan sedikit agar cairan keluar dapat menempel sempurna.
  7. Langkah berikutnya, haluskan kembali furniture dengan ampelas. Tujuannya yakni untuk memastikan permukaan kayu tersebut telah sangat halus, sehingga memungkinkan hasil akhirnya pun terlihat sempurna.
  8. Terakhir, anda bisa mengoleskan kembali plitur ke permukaan kayu. Buatlah beberapa lapisan plitur sampai anda mendapatkan warna kayu yang sesuai dengan keinginan.
  9. Sebagai opsi tambahan, anda bisa memanfaatkan pernish untuk melindungi plitur dan menghasilkan desain mewah yang mengkilat.