Furnitur
Dec3

Menurut Feng Shui, Ini Tips Memilih Pintu Rumah

Memilih pintu utama untuk sebuah rumah juga ada pedomannya. Pada ilmu feng shui, pintu utama ini biasa disebut kou (mulut ruang hidup) yaitu sebagai jalur masuknya seluruh energi ke dalam rumah. Pemilihan pintu yang tepat diyakini dapat menciptakan suasana rumah yang damai, sehat, dan penuh peruntungan.

1. Bahan

tips-memilih-bahan-pintu-rumah.jpg

Berdasarkan ilmu feng shui, bahan pintu yang terbaik adalah kayu solid. Secara simbolik, bahan ini mampu melindungi rumah dengan cara menepis semua energi negatif dan memaksimalkan energi positif yang masuk. Opsi kedua, anda bisa menambahkan elemen kaca pada pintu utama ini. Dengan memastikan pintu dibentuk dari bahan-bahan yang kuat, rumah anda akan aman dari energi buruk.

2. Warna

tips-memilih-warna-pintu-rumah.jpg

Pemilihan warna pintu didasarkan pada arah hadap pintu tersebut. Untuk pintu yang mengarah ke timur dan tenggara, hiasilah dengan warna cokelat. Sementara untuk pintu yang menghadap ke barat dan barat laut, gunakanlah warna putih. Sedangkan untuk pintu dengan posisi ke selatan, anda bisa menghiasinya dengan warna merah tua. Adapun warna hitam untuk pintu yang mengarah ke utara. Serta, pintu yang menghadap ke barat daya dan timur laut diwarnai dengan kelir krem.

3. Arah Gerak

tips-memilih-arah-pintu-rumah.jpg

Pintu utama bisa dibuka-tutup ke arah dalam (interior) maupun ke luar (eksterior). Menurut feng shui, arah gerak pintu yang terbaik adalah ke dalam interior rumah seakan kita mempersilakan energi positif untuk masuk. Selain itu, hindari mengarahkan bukaan pintu ini ke ruangan sesak. Usahakan ketika pintu terbuka, chi bisa masuk bebas ke arah ruangan yang lega dan besar.

4. Ukuran

tips-memilih-ukuran-pintu-rumah.jpg

Idealnya, ukuran pintu utama harus paling besar dengan pintu-pintu untuk kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar suasana di dalam rumah menjadi seimbang. Apabila pintu ruangan lebih besar daripada pintu utama, dikhawatirkan penghuninya mudah dimanfaatkan dan dikelabui oleh orang lain.

5. Posisi

tips-memilih-posisi-pintu-rumah.jpg

Paling baik, posisi pintu utama ada di dalam ruang tamu. Jika pintu utama ini menyatu dengan ruang makan, ditakutkan penghuninya hanya memikirkan soal makan dan kemakmuran saja, tanpa memperhatikan kesejahteraan dan hubungan yang baik antar anggota keluarga. Sementara itu, jika posisi pintu rumah ini menyatu dengan dapur, maka kondisi di rumah akan rawan mengalami bentrok dan kericuhan akibat energi panas dari ruangan memasak ini. Sementara itu, bila letak pintu utama di dekat kamar mandi, baik itu di samping kanan, kiri, atau di bawah kamar mandi lantai dua, hal ini akan mengakibatkan seluruh penghuninya merasa malas, kurang semangat, dan ogah-ogahan dalam menjalani hidup.