Furnitur
Oct2

Mengenal Lebih Jauh Tentang Lantai Gabus/Cork Floor

Akhir-akhir ini tengah marak pemakaian lantai gabus di Indonesia. Sebenarnya, apa sih lantai gabus (cork floor) itu? Apa iya terbuat dari gabus styrofoam biasa?

pengertian-lantai-gabus.jpg

Penggunaan istilah gabus pada lantai gabus disebabkan oleh tekstur permukaan lantai ini yang terasa empuk mirip gabus, bukan karena bahannya yang terbuat dari gabus. Lantai ini sendiri dibuat dari kulit pohon, biasanya pohon oak, yang diolah sedemikian rupa dengan campuran bahan kimia hingga membentuk bubur. Selanjutnya, bubur ini akan dicetak dan dipres hingga membentuk lantai.

Ramah Lingkungan

Tahukah anda, lantai gabus termasuk salah satu lantai yang ramah lingkungan. Penyebabnya bahan baku pembuatan lantai gabus yaitu kulit pohon oak ini tergolong cepat diperbaharui. Bayangkan saja, satu pohon oak bisa diambil bagian kulitnya hingga usianya mencapai 200 tahun di mana frekuensi panennya adalah setiap 6 hingga 9 tahun sekali. Hal inilah yang menjadikan lantai gabus sebagai lantai yang lebih ramah lingkungan daripada lantai kayu.

Lantai gabus juga dikenal mampu menyerap panas matahari dengan baik. Di siang hari, lantai ini akan menyerap panas sehingga membuat ruangan menjadi lebih adem. Sedangkan, pada malam harinya, panas di lantai masih terasa. Hasilnya, ruangan pun menjadi lebih hangat.

Mudah Dipasang

Sama seperti lantai kayu dan lantai bambu, pemasangan lantai gabus ini juga menggunakan perekat khusus. Sebagai lapisan dasar digunakan lantai semen yang diaci serta dibentuk rata dan halus. Selanjutnya, susun lantai gabus di atasnya dengan cairan perekat khusus. Terakhir, permukaan lantai harus diberikan finishing agar tampilannya semakin mempesona.

Tertarik mencobanya di rumah anda?