Furnitur
Nov19

Memilih Meja Dapur Terbaik Menurut Bahan Pembuatnya

Bagaimana cara memilih meja dapur yang berkualitas terbaik? Seperti kita tahu, peran meja dapur akan mendukung fungsi dapur suatu rumah. Adanya meja ini bukan hanya berguna sebagai tempat meracik masakan, tetapi juga berpengaruh langsung pada desain dapur yang tercipta.

Karena banyaknya bahan meja dapur saat ini, memilih mana yang terbaik menuntut kejelian anda dalam menimbang kelebihan dan kekurangannya. Idealnya, meja dapur bisa dikatakan berkualitas bagus apabila memiliki struktur yang kokoh, awet, indah, tahan noda, mudah dibersihkan, tahan panas, dan perawatannya gampang. Namun, tentu saja tidak ada satupun bahan yang mendukung semua karakteristik di atas. Oleh karena itu, anda perlu menyesuaikannya dengan kondisi di dapur, mana aspek yang harus ditonjolkan.

tips-memilih-meja-dapur.jpg

Beton – Beton merupakan bahan pembuat meja dapur paling populer karena mudah diubah menjadi bentuk dan ukuran yang sesuai keinginan. Material ini sudah terbukti tahan lama, tahan panas, dan bisa diwarnai sesuai warna interior dapur. Penambahan sealant dibutuhkan sebagai finishing dari meja beton.

tips-memilih-meja-dapur-komposit.jpg

Komposit – Komposit merupakan material yang terbuat dari campuran kuarsa, pigmen, resin, dan pengikat yang dipadatkan. Meja berbahan komposit umumnya memiliki permukaan yang mulus, tahan lama, tahan noda, tahan panas, tidak berpori, dan tersedia dalam berbagai pilihan warna. Satu-satunya kekurangan dari meja komposit ini adalah permukaannya mudah mengalami lecet.

tips-memilih-meja-dapur-granit.jpg

Granit – Meja dapur berbahan granit sangat disukai untuk menghadirkan kemewahan dan keindahan di dalam dapur. Karakteristik meja ini terkenal kokoh, tahan lama, tahan api, substansial, mudah dirawat, dan hadir dalam beragam warna. Meskipun harganya terbilang mahal, hal ini sebanding dengan kualitas dan pesona yang anda dapatkan.

tips-memilih-meja-dapur-keramik.jpg

Keramik – Saat ini, meja dapur yang terbuat dari keramik sangat disukai karena ramah di kantong, tahan lama, dan fleksibel. Bahan keramik juga tersedia dalam berbagai pilihan warna, corak, desain, dan ukuran. Yang lebih penting, meja keramik ini tersedia dengan berbagai pilihan harga, mulai dari yang murah hingga mahal sekalipun.

tips-memilih-meja-dapur-kaca.jpg

Kaca – Tak bisa disangkal jika bahan kaca merupakan pilihan yang canggih untuk dapur kontemporer. Selain membuat dapur lebih lega dan indah, bahan kaca juga mudah sekali dibersihkan. Namun, meja berbahan kaca ini terkenal paling mahal dan tidak cocok untuk semua dapur. Selain itu, bahan kaca juga kurang awet. Untuk meja dapur berbahan kaca berwarna, terkadang warnanya akan luntur seiring berjalannya waktu.