Furnitur
Oct26

Macam-macam Desain Tirai Jendela

Penasaran dengan macam-macam desain tirai jendela? Saat ini, jendela tidak hanya berfungsi sebagai ventilasi ruangan saja. Lebih dari itu, jendela juga berperan penting dalam menciptakan dekorasi interior rumah yang indah. Hal ini tidak lain berkat adanya tirai sebagai pemanis jendela tersebut.

Berbicara mengenai tirai, ternyata ada cukup banyak ragam bentuk tirai lho. Apa saja?

desain-tirai-jendela.jpg

Model tirai yang pertama adalah horizontal blind atau biasa disebut juga tirai horisontal. Sesuai namanya, tirai ini terbuat dari bilah-bilah kayu, kain atau alumunium yang disusun secara horisontal. Prinsip kerjanya, tirai akan membuka dan menutup apabila kita menarik tali pengatur yang sudah dihubungkan ke setiap bilah-bilah tadi. Hal ini memungkinkan jumlah cahaya dan udara yang masuk ke ruangan bisa disesuaikan dengan mudah.

Tirai horisontal paling cocok diterapkan pada jendela berbentuk jangkung (tinggi dan kecil). Susunan bilah-bilahnya akan menciptakan kesan ruangan yang luas dengan ketinggian yang pas.

desain-tirai-jendela-rumah.jpg

Ada tirai horisontal, tentu ada tirai vertikal juga. Secara prinsip, keduanya hampir sama. Bedanya, untuk tirai vertikal ini bahan penyusunnya dibentuk secara tegak/vertikal dan bukan berupa bilah-bilah, melainkan kain utuh.

Dalam membuka dan menutup tirai ini, anda cukup menggeser kainnya ke arah samping. Karena kepraktisannya inilah, tirai vertikal menjadi tirai yang paling banyak digunakan.

aneka-desain-tirai-jendela.jpg

Mungkin anda masih asing dengan model tirai yang satu ini? Tirai lipat sebenarnya sudah lama ada dan biasanya diaplikasikan pada rumah bergaya modern. Hanya saja jarang masyarakat Indonesia yang menggunakannya karena kebiasaan kita adalah membuka lebar penutup jendela ini.

Tirai lipat dioperasikan dengan cara menarik tali pengikat yang kemudian akan mengangkat bagian dasar kain. Hasilnya, jendela pun hanya terbuka sebagian saja, sehingga pesona bahan tirai masih tampak dari sisa kain yang menggantung. Anda yang memiliki rumah mungil dengan ukuran lebar jendela kurang dari 1,25 meter, sangat dianjurkan mempercantik interior dengan tirai lipat ini.

desain-tirai-gulung-jendela.jpg

Model tirai yang terakhir adalah tirai gulung (roller blind). Ide menciptakan tirai ini berawal dari keinginan agar bahan tirai selalu rapi dan bersih meskipun kain sering dibuka-tutup. Desain tirai ini dilengkapi dengan alat penggulung di bagian atasnya yang dibentuk sedemikian rupa dari susunan pipa-pipa. Ketika anda menarik alat penggulung, kain lantas terangkat ke atas dan masuk ke dalam roller pipa tadi. Hal inilah yang menjadikan kain tetap licin dan rapi.