Furnitur
Sep25

Kiat-kiat Memilih Furniture Kayu Jati

Apakah Anda sedang berniat untuk memilih furniture kayu jati? Furniture yang terbuat dari bahan kayu jati masih menjadi primadona di Indonesia. Hal ini dikarenakan kayu jati mempunyai serat alami yang begitu indah dan kekuatannya juga sangat baik. Saking kokohnya kayu ini, bahkan rayap dan tikus sekalipun tidak mampu menggerogotinya. Inilah yang menjadi rahasia utama kenapa furniture kayu jati mampu bertahan hingga berpuluh-puluh tahun.

Meskipun sangat kuat dan keras, kayu jati tetap mempunyai karakteristik yang cukup lentur. Kayu ini tidak terlalu sulit dibentuk menjadi berbagai macam perabotan rumah tangga. Mulai dari kursi, meja, lemari, rak, sampai ranjang bisa dibuat menggunakan kayu jati. Kayu ini juga bisa diolah menjadi ukiran-ukiran yang bentuknya rumit sekali. Maka jangan heran karena kualitasnya itulah, kayu jati merupakan kayu yang sangat diperhitungkan di tingkat dunia.

memilih-furniture-kayu-jati.jpg

Pada saat Anda berniat membeli furniture berbahan kayu jati, usahakan lakukan pemilihan secara tepat. Jangan sampai salah dalam mengambil keputusan. Mengingat harga furniture ini yang cukup tinggi, Anda akan mengalami kerugian yang besar apabila keliru dalam memilihnya. Furniture kayu jati seharusnya bisa menjadi sebuah investasi yang sangat menguntungkan karena dapat diwariskan hingga ke anak cucu Anda.

Berikut merupakan kiat-kiat yang wajib Anda perhatikan!

  1. Beli Furniture di Toko Ternama

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalau Anda merasa kurang percaya diri dalam membedakan furniture kayu jati yang asli dan palsu, maka Anda bisa mengakalinya dengan membeli di toko yang mempunyai reputasi baik. Brand suatu toko tidak akan pernah mampu menipu Anda. Jadi belilah furniture tersebut di toko yang memang sudah terkenal mempunyai kualitas furniture yang bagus.

  1. Ambil Furniture Buatan Jepara

Kebanyakan orang tahunya furniture jati pasti buatan Kabupaten Jepara. Padahal faktanya tidak demikian. Furniture kayu jati saat ini telah banyak dilirik oleh para pengrajin kayu di seluruh Indonesia sebab peluang keuntungannya yang sangat menggiurkan. Tetapi bagaimanapun furniture kayu jati bikinan produsen dari Jepara memiliki nilai yang jauh lebih tinggi karena standar kualitasnya sudah internasional.

  1. Pilih Furniture dari Jati Tua

Semakin tua usia bahan baku kayu jati yang digunakan, maka semakin kokoh pula konstruksi yang dimilikinya. Bahkan kayu jati yang benar-benar tua dapat merusak peralatan yang dipakai oleh tukang kayu saat memotongnya. Ciri-ciri kayu jati tua antara lain susunan seratnya rapat, memiliki bobot sangat berat, dan berwarna merata cokelat kemerahan. Khusus bagi Anda yang sulit mengenali kayu jati tua disarankan untuk membeli kayu jati perhutani dari TPK (Tempat Pelelangan Kayu).

  1. Jangan Beli Furniture Cacat

Furniture kayu jati yang mempunyai cacat biasanya dijual dengan harga miring. Meskipun dari segi nominal harganya lebih murah, sebaiknya Anda menghindari furniture yang seperti itu. Khususnya apabila tingkat kecacatan yang dimilikinya sudah terlalu parah sehingga tidak mungkin diperbaiki lagi. Furniture kayu jati yang telah cacat gampang sekali rusak sehingga Anda cuma membuang-buang uang kalau sampai memilihnya.

  1. Hindari Furniture yang Banyak Lubangnya

Furniture kayu jati lawas kerap mengandung lubang-lubang kecil di sekujur permukaannya. Ini bukanlah lubang biasa, melainkan lubang yang dibuat oleh serangga kecil sebagai rumahnya. Jadi lubang-lubang tersebut menembus sampai ke dalam dan saling terhubung satu sama lain. Akibatnya kayu jati yang kelihatannya masih kokoh tadi sebenarnya sudah keropos di bagian dalamnya.

  1. Sesuaikan Desain Furniture

Anda tidak boleh mengabaikan desain yang dimiliki oleh suatu furniture. Desain sangat mempengaruhi keindahan furniture tersebut serta dekorasi yang akan kiat ciptakan pada ruangan. Belilah furniture kayu jati yang mempunyai model sesuai dengan konsep ruangan yang ingin Anda buat. Furniture yang bergaya modern minimalis tentu sangat berbeda dari furniture klasik atau furniture dengan tema industrial.

  1. Pastikan Furniture Nyaman Digunakan

Tingkat kenyamanan furniture pun bakal menentukan seberapa puas perasaan Anda setelah membelinya dari toko perabotan. Khususnya kursi, Anda bisa mengetahui furniture tersebut nyaman atau tidak dengan duduk di atasnya langsung selama beberapa saat. Kursi kayu jati yang nyaman akan membuat Anda merasa rileks dan konstruksinya pun tidak bergoyang.

  1. Furniture Memiliki Bentuk Simetris

Simetris termasuk salah satu tolak ukur yang digunakan untuk menilai kualitas kayu jati. Oleh karena itu, semakin simetris bentuk dan ukuran furniture kayu jati akan membuat harganya semakin mahal. Furniture yang mempunyai bentuk benar-benar simetris sangat disukai karena mengandung nilai keindahan yang merata di seluruh bagian sudut-sudutnya. Jadi pastikan Anda membeli furniture yang simetris.

  1. Finishing Furniture yang Bagus

Cara mengetahui finishing yang diberikan kepada produk furniture kayu jati itu bagus atau tidak adalah memperhatikannya secara detail. Finishing yang bagus memiliki hasil pewarnaan yang merata di seluruh bagiannya. Lapisan finishing tersebut cukup tebal dan tidak terlalu tipis. Jika diraba menggunakan tangan, permukaan furniture terasa halus dan tidak bergelombang. Finishing yang bagus dapat bertahan lama dan tidak cepat memudar.