Furnitur
Aug20

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Alumunium

Apakah kelebihan dan kekurangan kusen alumunium? Seiring beralihnya waktu, penggunaan kusen telah berganti dari kayu menjadi alumunium. Kusen alumunium adalah kusen yang terbuat dari alumunium. Bahan alumunium diklaim lebih ramah lingkungan dan mudah dalam pemasangannya.

kelebihan-dan-kekurangan-kusen-alumunium.jpg

Kusen Alumunium

Berikut ini kelebihan-kelebihan dari kusen alumunium, antara lain :

  1. Dengan kualitas yang sama, harga kusen alumunium lebih murah dibandingkan dengan kusen kayu. Harga kusen dari alumunium saat ini berkisar Rp500.000 sampai Rp1.500.000 tergantung model dan ukuran, sedangkan harga kusen kayu bisa lebih dari itu. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada kusen kayu yang harganya setara dengan kusen alumunium, namun dapat dipastikan kualitas kusen kayu tersebut lebih rendah.
  2. Kusen alumunium memiliki usia pakai yang lama. Kusen ini terbilang awet karena tidak mudah keropos, lapuk, berkarat, maupun berjamur. Sehingga kusen alumunium bisa diletakkan di ruangan-ruangan yang memiliki suhu ekstrim.
  3. Alumunium bukan merupakan makanan rayap. Jadi anda tidak perlu khawatir kusen kepunyaan anda tersebut dirusak oleh rayap. Coba bandingkan dengan kusen kayu, di mana anda harus memberikan treatment tertentu pada kayu agar terbebas dari rayap untuk sementara waktu.
  4. Alumunium adalah material yang sukar memuai. Hal ini menguntungkan sehingga anda tidak perlu khawatir ukuran kusen alumunium bakal mengembang atau menyusut. Baik saat musim kemarau maupun penghujan, ukuran kusen ini tidak terpengaruh cuaca.
  5. Kusen alumunium memiliki bobot yang ringan sehingga mudah saat membawa dan memasangnya. Meskipun begitu kusen ini sangat kokoh dan mampu menahan beban di atasnya dengan baik. Perawatannya pun terbilang gampang.

Sedangkan kelemahan-kelemahan kusen alumunium di antaranya :

  1. Ketersediaan pilihan model kusen alumunium sangat terbatas. Bentuk kusen ini juga seperti itu-itu saja dan cenderung monoton. Hal tersebut lantaran kusen alumunium dibuat dengan menggunakan standar dari pabrik yang biasanya mengadopsi gaya minimalis dan klasik.
  2. Kejelian merupakan faktor yang harus diperhatikan saat memasang kusen alumunium. Yang terpenting anda harus teliti dalam menanam sekrup fischer ke tembok. Kesalahan sedikit saja bisa mengakibatkan kusen terpasang kurang rapi.
  3. Penyambungan karet sealant di antara kusen jendela dan kaca harus dilakukan dengan sempurna. Jika tidak, air hujan bisa tampias masuk ke rumah. Ganti karet penahan tersebut secara berkala supaya tetap berfungsi normal.