Furnitur
Nov20

Inspirasi Desain Rumah Khas Asia dengan Layar Shoji

Layar shoji merupakan bahan dekorasi khas Jepang yang kini sudah terkenal di seantero dunia. Layar ini terbuat dari kertas tembus pandang yang dibingkai menggunakan bilah-bilah kayu atau bambu. Biasanya, layar shoji digunakan sebagai bahan pembuatan pintu, jendela, dan pembatas ruangan untuk menghadirkan nuansa asia ke dalam rumah tinggal.

Pintu Tradisional

rumah-asia-layar-shoji.jpg

Pada umumnya, layar shoji dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pintu interior rumah, misalnya untuk memisahkan ruang tamu dan ruangan di sampingnya. Dengan bahan ini, pintu interior bisa terlihat lebih menarik dan unik. Selain itu, pintu shoji juga tampak harmonis di dekat furnitur berbahan kayu.

Partisi Geser

pintu-rumah-asia-layar-shoji.jpg

Pada gambar di atas, layar shoji dimanfaatkan sebagai partisi dinding geser yang memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga. Kehadiran model pintu seperti ini memungkinkan interior mudah disatukan, meskipun sebenarnya tampil terpisah. Teknik ini juga seringkali diaplikakan pada rumah berukuran mungil, sehingga interiornya bisa diperluas secara cepat ketika diperlukan.

Dinding Aksen

dinding-rumah-asia-layar-shoji.jpg

Pada hunian modern, layar shoji umumnya dimanfaatkan sebatas sebagai dinding aksen. Bahan partisi ini seringkali tampak menjadi pembatas sekaligus penghias ruangan. Kesannya yang sangat alami membuat interior modern terlihat lebih ramah dan nyaman.

Pintu Lemari

lemari-rumah-asia-layar-shoji.jpg

Menggunakan layar shoji sebagai pintu lemari sangat praktis menyembunyikan kesan berantakan di baliknya. Pesonanya yang tidak biasa ini, seketika membuat lemari berpintu layar shoji nampak semakin unik. Terlebih jika lemari tersebut terbuat dari bahan kayu maka kesan yang dihasilkan pun lebih terasa.

Pintu Kamar Tidur

kamar-tidur-layar-shoji.jpg

Layar shoji merupakan salah satu bahan terbaik untuk pintu kamar tidur. Layar ini sangat ampuh menciptakan suasana kamar yang terasa nyaman, santai, dan mengundang. Sesuatu yang sulit anda dapatkan saat menggunakan bahan pintu yang modern.

Pintu Ruang Meditasi

ruang-meditasi-layar-shoji.jpg

Apabila anda berniat membuat sebuah ruang meditasi, cobalah mempertimbangkan penggunaan layar shoji ini sebagai pintu ruang tersebut. Hal ini bukan hanya didasari karena tampilan layar shoji yang tampak tradisional. Tetapi pintu layar shoji juga akan mendukung penciptaan konsep zen yang anda butuhkan untuk keperluan meditasi.

Jendela Rumah

jendela-rumah-layar-shoji.jpg

Fungsi awal dari layar shoji adalah sebagai bahan pembuatan jendela. Karakteristik layar ini memang sangat sesuai untuk diaplikasikan sebagai bahan jendela. Kelebihannya, meskipun jendela ditutup untuk melindungi privasi, ruangan tetap terang karena sinar matahari bisa menembus pori-pori layar.

Dinding Utama

partisi-rumah-asia-layar-shoji.jpg

Menggunakan layar shoji sebagai dinding utama rumah mungkin kurang bijak, mengingat struktur layar ini terbilang rapuh. Hasilnya, perlindungan dan isolasi yang diberikan oleh layar ini terbilang kurang. Namun, anda tetap bisa mewujudkan partisi utama dari bahan ini dengan memadukannya bersama bahan kaca. Jadi, meskipun rumah tampak unik berkat pemakaian layar shoji, partisi ini juga lebih kuat dengan adanya kaca yang menutupinya.

Kamar Mandi

kamar-mandi-layar-shoji.jpg

Ingin mempunyai pemandian alami khas Jepang di rumah sendiri? Salah satu caranya anda bisa mempertimbangkan pemakaian layar shoji sebagai dinding, partisi, atau pintu kamar mandi. Terbayangkan kan bagaimana nuansa alami yang tercipta sekarang setelah anda menggunakan layar ini?