Furnitur
Jul28

Inspirasi Desain Kursi Daur Ulang dari Barang Bekas

Apakah anda membutuhkan inspirasi kursi daur ulang yang terbuat dari barang-barang bekas? Kursi adalah perabotan rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat duduk yang nyaman. Biasanya kursi dibuat dari bahan kayu dan logam dengan tambahan busa untuk bantalannya. Perkembangan dunia arsitektur melahirkan kursi-kursi yang inovatif serta belum pernah ditemui sebelumnya.

Menyusul isu global warming, salah satu tren yang saat ini booming adalah membuat kursi dengan barang-barang bekas. Yap, siapa sangka kursi yang nyaman, aman, dan indah bisa diciptakan memakai bahan yang tak terduga. Tentu saja, dibutuhkan penelitian yang matang dari pembelajaran yang berkelanjutan untuk merancang kursi-kursi ini. Tanpa memandang nyaman tidaknya kursi ini, beberapa kursi memang sengaja didesain untuk fungsi sehari-hari maupun sekedar keperluan estetika semata.

Berikut inspirasi-inspirasinya dari Arafuru.com!

Kursi Cangkang Peluru

desain-kursi-daur-ulang.jpg

Kursi Cangkang Peluru

Penggunaan peluru senapan menyisakan cangkang yang dibuang begitu saja menjadi sampah. Di tangan Alexander Reh, cangkang-cangkang peluru ini disulap menjadi sebuah kursi yang sangat menarik. Kursi ini dibuat dengan menggunakan ratusan cangkang peluru bekas yang disusun sedemikian rupa. Hebatnya, sang desainer memastikan kursi ini memiliki tingkat kenyamanan yang sama sebagaimana kursi pada umumnya sehingga bisa dipakai sehari-hari.

Kursi Sendok Garpu

desain-kursi-daur-ulang-unik.jpg

Kursi Sendok Garpu

Apakah anda mempunyai koleksi sendok dan garpu di rumah? Daripada menumpuknya begitu saja mending dibuat sebuah kursi seperti di atas. Tentunya kursi tersebut terlihat unik sekali dan indah. Namun jangan bayangkan anda bisa menduduki kursi ini, pasti tubuh akan terasa sakit ya. Cukup dinikmati estetikanya saja, kursi sendok garpu ini akan menjadi aksesoris yang luar biasa.

Kursi Baju Bekas

desain-kursi-daur-ulang-dari-bahan-bekas.jpg

Kursi Baju Bekas

Kursi dengan model sofa umumnya terbuat dari busa yang dibungkus dengan kain. Anda bisa membuat kursi dengan konsep serupa, tapi menggunakan bahan-bahan bekas. Caranya simple yakni dengan memanfaatkan baju-baju bekas. Jahit baju-baju bekas kepunyaan anda memakai pola yang sudah dipersiapkan. Setelah itu, isiannya bisa menggunakan busa, dakron, atau bahkan baju-baju bekas. Salah satu kursi yang terbuat dari baju bekas bisa dilihat pada gambar di atas. Kreatif sekali kan?

Kursi CD

kursi-bahan-bekas-daur-ulang.jpg

Kursi CD

CD-CD yang sudah rusak dan tidak dapat diputar lagi lebih baik dibikin sebuah kursi yang elegan. Tumpuk beberapa kepingan CD hingga membentuk sebuah tabung dengan lubang di tengahnya. Pasang tabung-tabung CD ini di kerangka kursi yang sudah dipersiapkan khusus. Jadilah kursi berbahan CD bekas.

Kursi Wastafel

desain-kursi-daur-ulang-menarik.jpg

Kursi Wastafel

Jika anda mempunyai wastafel yang sudah rusak, jangan dibuang ke tempat sampah! Cobalah mengubahnya menjadi sebuah kursi bekas yang sederhana tetapi indah. Anda cukup menyesuaikan kembali bentuk lengkungan pada wastafel tersebut agar nyaman diduduki. Kemudian, pasang kaki-kaki meja dengan kokoh pada bagian bawah wastafel tersebut. Keren sekali!