Furnitur
Oct5

Inilah Posisi Tempat Tidur yang Pas Agar Tidur Berkualitas

Peran tempat tidur sangat besar dalam mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Tak hanya dari kasurnya saja, bahkan posisi tempat tidur pun turut memberikan andil yang cukup tinggi.

posisi-tempat-tidur.jpg

Posisi tempat tidur terbaik adalah di tengah-tengah ruangan di mana kedua sisi ranjang tidak mepet ke dinding. Sedangkan, headboard ranjang tersebut ditempelkan dengan dinding ruangan. Tambahkan juga masing-masing sebuah meja kecil di kedua sisi tempat tidur tersebut. Fungsinya untuk menaruh aksesoris kamar tidur seperti lampu malam, air minum, vas bunga, dan lain-lain.

Bagaimana jika kamar tidur yang dimiliki berukuran kecil? Untuk luas ruangan yang terbatas, anda tetap bisa mengatur tempat tidur dengan peletakan seperti ini. Hanya saja, jarak di kedua sisi ranjang dan dinding bisa diperpendek minimal 40 cm.

meletakkan-tempat-tidur.jpg

Jika ada posisi tempat tidur yang dianjurkan, tentu juga ada posisi yang sebaiknya dihindari kan? Nah, salah satu kekeliruan yang paling sering dilakukan adalah menempatkan ranjang tidur dengan menempelkannya ke dinding. Hal ini akan mengakibatkan tempat tidur tersebut terasa lembab dan menjadi sarang jamur dan bakteri.

Kesalahan selanjutnya adalah meletakkan tempat tidur di depan pintu. Kenapa salah? Sebab posisi ini menyebabkan tempat tidur akan terkena aliran udara langsung. Bayangkan jika anda tidur di sana, tentu tubuh anda yang akan terkena terpaan angin berulang-ulang. Alhasil, anda pun jadi mudah terserang penyakit.

Selain itu, ada juga yang mencoba menggeser tempat tidurnya ke dekat jendela. Alih-alih ingin mendapatkan suasana tidur yang sejuk dan nyaman, anda justru akan banyak menghirup debu yang dibawa angin. Terlebih jika rumah anda berada di lingkungan perkotaan dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

Terakhir, hindarilah meletakkan ranjang tepat di bawah AC. Aliran udara dingin yang dihasilkan AC akan langsung mengenai tubuh dan mengganggu kesehatan anda. Apalagi jika aliran tersebut tepat mengenai kepala, maka efek buruknya akan bertambah besar.