Furnitur
May4

Ini Dia Tips Membeli Sofa

Salah satu teknik yang paling rumit dalam mendekorasi rumah adalah pemilihan sofa. Bukan karena sulitnya mencari gaya sofa yang menarik saat ini, melainkan lebih kepada banyaknya desain sofa yang menarik sehingga menyebabkan kebingungan saat memilihnya. Baik di toko retail maupun toko mebel. Saat ini, banyak toko yang menjual sofa dalam berbagai desain yang menarik. Pemilihan gaya sofa yang unik memang dianjurkan, namun untuk menentukan sofa yang sesuai dengan ruangan Anda pun perlu memperhatikan ukuran dan fungsi penggunaannya.

tips-membeli-sofa.jpg

Berikut ini sejumlah tips untuk Anda yang ingin memilih sofa interior rumah :

Ukuran Sofa

Faktor ukuran merupakan aspek pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih sofa. Sofa yang Anda pilih sebaiknya tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar, namun memiliki perbandingan yang ideal dengan ukuran ruangan. Selain itu, penentuan ukuran sofa pun perlu disesuaikan dengan meja dan kursi yang akan menyertainya.

Apabila Anda mempunyai ruangan yang berukuran besar, Anda bisa memilih sofa yang memenuhi seluruh ruangan atau sofa berbentuk L. Sofa dengan bentuk seperti ini akan terlihat bagus karena menyediakan tempat duduk dalam jumlah yang banyak. Sedangkan untuk ruangan yang kecil, pemilihan sofa pun perlu disesuaikan dengan memilih sofa yang berukuran lebih kecil atau dirancang secara build-in. Penentuan ukuran sofa yang akan digunakan memang sangat penting karena nantinya sofa-sofa ini akan menjadi titik fokus ruangan sehingga membutuhkan citarasa dan desain yang sempurna.

Penataan Sofa

Setelah Anda menghitung ukuran sofa yang akan dipilih, selanjutnya adalah mengatur bagaimana posisi tata letaknya agar terlihat seimbang di dalam ruangan. Untuk ruang tamu atau ruang keluarga yang ingin menjadikan sofa sebagai tempat bersantai sambil menonton televisi, letakkan sofa menghadap ke arah TV. Untuk ruang keluarga yang ingin memiliki suasana berbincang yang santai, tempatkan sofa secara melingkar mengelilingi meja. Sementara itu, untuk ruangan yang ditujukan sebagai tempat bersantai seluruh keluarga, tata sofa secara menyebar ke seluruh ruangan dan tambahkan bantal hias di atasnya.

Bentuk Sofa

Langkah selanjutnya adalah menentukan bentuk sofa yang sesuai dengan ukuran ruangan dan tata letak yang telah dirancang. Sofa berbentuk L mampu menciptakan suasana ruangan yang terlihat rapi dan terfokus. Bentuk seperti ini juga akan membagi setiap deretan sofa, sehingga memungkinkan sofa memiliki fungsi tertentu. Sementara itu untuk ruangan yang kecil, Anda bisa memilih sofa yang berbentuk melingkar. Sehingga nantinya ruangan akan menjadi tempat bersenda-gurau bersama keluarga yang sempurna. Ide lainnya untuk ruangan kecil adalah menempatkan satu sofa berukuran besar dan beberapa kursi kecil dengan hiasan bantal empuk yang mengelilinginya.

Bahan Sofa

Berikutnya adalah memilih materi bahan pembuat sofa yang sesuai dengan kondisi ruangan. Sofa berbahan suede putih memang terlihat cantik, namun Anda perlu mempertimbangkannya jika ada binatang peliharaan di dalam rumah. Kucing atau anjing bisa dengan mudah mengotori permukaan sofa. Sementara itu, sofa berbahan kulit terlihat indah dan mampu menyembunyikan noda yang menempel di permukaannya. Bahan kulit juga dikenal sebagai bahan yang mudah dibersihkan. Sedangkan, jika sofa akan ditempatkan di luar ruangan, pilih bahan sofa yang tahan air dan mudah dibersihkan.

Gaya Sofa

Setiap interior rumah memiliki konsep desain yang unik dan mencerminkan bagaimana pemiliknya. Begitupun dengan gaya sofa di rumah Anda, harus mampu mencerminkan selera Anda dan serasi dengan konsep ruangan yang ingin dibangun. Oleh karena itu, tidak ada istilah gaya sofa yang jelek. Sebab semua sofa disesuaikan menurut selera pemiliknya dan konsep desain ruangan yang hendak diciptakan.