Furnitur
Jun10

Ini Dia, Cara Memasang Wallpaper Dinding

Bagi kebanyakan orang, memasang wallpaper dinding terlihat sebagai pekerjaan yang rumit. Hal ini selain prosesnya yang memang terdiri dari beberapa tahap, harga wallpaper yang mahal dan teksturnya yang mudah rusak juga membuat beberapa orang tidak berani mencobanya. Berikut ini kami berikan panduan step by step-nya bagaimana pemasangan wallpaper dinding yang benar beserta tips untuk meminimalisir kesalahan :

Alat dan Bahan :

  • Wallpaper dinding
  • Lem khusus wallpaper
  • Air
  • Pisau cutter atau gunting
  • Pensil
  • Penggaris
  • Roller dan kuas
  • Tangga
  • Spons atau kain
  • Koran bekas
  • Seember air

cara-memasang-wallpaper.jpg

Langkah-langkah :

1. Mempersiapkan Ruangan

Sama seperti proses mengecat dinding, mulailah dengan mempersiapkan ruangan agar wallpaper dapat terpasang dengan baik. Pastikan seluruh permukaan dinding bersih dari kotoran. Cermati pula tekstur permukaan dinding bertekstur rata tanpa ada benjolan maupun cekungan. Agar warna wallpaper tampak jelas, sebaiknya dinding perlu diberikan cat dasar berwarna putih.

2. Membagi Dinding Menjadi Beberapa Bidang

Fungsi membagi dinding adalah untuk mengelompokkan bidang dinding menjadi beberapa bagian sehingga pemasangan wallpaper akan lebih mudah dan rapi. Biasanya pembagian ini dilakukan dengan memberikan garis pada sisi panjang dinding setiap 1 meter. Namun, anda bisa menyesuaikannya dengan catatan hindari membagi bidang yang akan dijadikan sebagai focal point. Ingat, ukuran panjang adalah kanan kiri dinding (horisontal), sedangkan lebar adalah atas bawah dinding (vertikal).

3. Pemotongan Kertas Wallpaper

Ambil wallpaper yang telah anda beli, lalu bentangkan di atas meja kerja atau lantai yang bersih. Buat garis-garis untuk membagi panjang wallpaper sesuai ukuran yang digunakan pada dinding. Jangan lupa tambahkan 3 cm di sisi atas dan bawahnya.

Perhatikan baik-baik, di sini anda berhadapan dengan kertas bermotif. Jadi, pola yang anda buat sebisa mungkin tidak merusak motif yang ada. Di sinilah kesulitan utama dalam proses pemasangan wallpaper ini. Setelah itu, gunting sesuai pola yang telah dibuat.

4. Lepaskan Perekat Wallpaper

Menurut perekatnya, terdapat dua jenis wallpaper yang dijual di pasaran yaitu wallpaper dengan perekat (mirip gambar tempel) dan wallpaper tanpa perekat. Apabila wallpaper yang anda beli tidak disertai perekat di belakangnya, lewati langkah keempat ini.

5. Oleskan Lem Wallpaper Pada Kertas

Oleskan secara merata lem pada bagian belakang kertas wallpaper dengan memulainya dari tengah menuju ke tepi. Pastikan semua bagian kertas terlapisi lem dengan sempurna. Kertas yang tidak terkena lem akan mengakibatkan terperangkapnya udara di dalam wallpaper sehingga permukaannya bergelombang.

6. Oleskan Lem Wallpaper ke Dinding

Gunakan roller untuk mengoleskan lem pada salah satu bidang dinding yang telah dibuat garis-garis tadi. Hindari melapisi seluruh bidang dinding karena lem akan cepat mengering tentunya bakal terbuang percuma.

7. Memasang Kertas Wallpaper

Letakkan tangga di sisi dinding, kemudian pegang bagian atas wallpaper dan mintalah bantuan orang lain untuk memegang bagian bawahnya. Mulailah memasang wallpaper dari langit-langit menuju ke lantai. Dengan hati-hati, pasang wallpaper dengan menyisakan sekitar 3 cm di atasnya, lalu berlanjut pada bagian bawahnya. Gunakan tangan anda untuk merapikan posisi wallpaper. Tekan-tekan permukaan wallpaper ini dari tengah ke tepi untuk menghilangkan udara di dalamnya. Perkuat daya rekat wallpaper dan dinding dengan memakai roller bersih dengan gerakan seperti sedang mengecat. Ulangi langkah ini sampai seluruh dinding telah tertutup oleh wallpaper.

8. Memotong Kertas yang Berlebih

Masih ingat, pada bagian atas dan bawah wallpaper kita menyisakan masing-masing berukuran 3 cm? Agar tampak lebih rapi, sisa-sisa wallpaper tersebut harus dipangkas terlebih dahulu. Gunakan pisau cutter yang tajam, atau gunting jika anda belum terbiasa. Setelah itu, lap bagian atas dan bawah dinding untuk menghilangkan bekas lem dan membuang udara yang mungkin masih tertinggal.

9. Merapikan Tepian Dinding

Untuk bagian pinggir (tepi dinding), anda perlu menambahkan sekitar 2 cm sebagai penutup bidang ini.

10. Memasang Wallpaper di Sudut Ruangan

Karena posisinya yang berada di pojok, seringkali memasang wallpaper di bagian ini paling sulit. Sebagai tipsnya adalah tambahkan panjang potongan wallpaper sekitar 3 cm. Fungsi penambahan ukuran ini adalah agar kita bisa membelokkan kertas sehingga bidang sudut tertutup dengan rapi. Namun perhatikan, motif kertas yang akan dipasang di dinding selanjutnya harus mengikuti motif keseluruhan dari wallpaper tersebut.