Furnitur
Aug11

Cara Mengecat Kayu dengan Mudah

cara-mengecat-kayu.jpg

Kayu merupakan salah satu bahan pembuat furnitur yang alami. Teksturnya yang lentur membuat kayu bisa diubah menjadi berbagai macam aksesoris. Sebut saja pintu, kursi, meja, sampai partisi ruangan. Karena sifatnya itulah, kayu juga dikenal mampu membawa kesan terbuka di ruangan.

Sama dengan bahan yang lainnya, kayu membutuhkan warna untuk memperindah tampilan fisiknya. Untuk mewujudkan hal ini, tentu saja dengan mengecat permukaannya menggunakan warna-warna favorit Anda. Mengecat kayu memang tidak begitu sulit. Namun perlu teknik tersendiri agar hasil cat yang didapat tetap rata dan warnanya berhasil keluar.

Berikut ini teknik mengecat kayu dari arafuru.com selengkapnya :

Peralatan yang dibutuhkan :

  • Cat Kayu
  • Cat Dasar (Meni) Kayu
  • Kuas
  • Amplas
  • Kain Lap
  • Kertas Koran

Tata cara pengecatan :

1. Mengamplas Kayu Agar Permukaannya Rata

Pertama-tama, letakkan furnitur kayu yang akan dicat di atas koran bekas. Kemudian ambil amplas untuk meratakan bidang kayu yang akan dicat. Ketika permukaan rata, hasil pengecatan akan terlihat lebih baik. Utamakanlah sudut-sudut yang melengkung karena ini biasanya yang sering terlupa. Jangan lupa untuk bidang yang ada di baliknya, meskipun di sini tersembunyi tetapi Anda juga perlu mengamplasnya agar hasil yang didapat bisa maksimal.

2. Mengecat dengan Meni Kayu sebagai Cat Dasar

Kedua, Anda perlu melapisi kayu dengan cat dasar sebanyak dua kali lapisan. Fungsi dari lapisan ini adalah untuk menghasilkan cat luar yang berwarna sempurna dan tidak kusam. Ingat, untuk menggoreskan lapisan cat yang kedua tunggu dulu sampai lapisan pertama mengering.

3. Mengamplas Permukaan Kayu yang Telah Dicat Sekali Lagi

Ketiga, Anda bisa mengamplas furnitur kayu yang telah diberi lapisan cat dasar sekali lagi. Sehingga permukaan bidang menjadi lebih rata dan tidak ada tonjolan-tonjolan cat di dalamnya. Pengamplasan dilakukan dengan cukup ringan saja agar cat dasar tidak hilang.

4. Melukiskan Cat Kayu Sebanyak Dua Kali Lapisan

Setelah langkah-langkah di atas berhasil Anda lakukan, pengecatan kayu yang sebenarnya baru dimulai. Mulailah dengan memberikan goresan-goresan kecil cat yang diikuti goresan yang lebih besar. Berikan minimal dua kali lapisan agar warna cat bisa keluar. Jangan lupa untuk memberikan jeda waktu antar lapisan agar catnya mengering dahulu.

5. Mengeringkan Cat Kayu Furnitur

Setelah semua permukaan selesai diwarnai dan semua lapisan cat sudah diberikan, maka langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Mengeringkan cat cukup diangin-anginkan saja dan tidak perlu dibawah matahari langsung. Jemur kayu sampai seluruh catnya mengering.

Tags: cara kayu mengecat

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts