Furnitur
Apr7

Bingung Pilih Perabot Rumah Tangga Minimalis?

Bagaimana caranya memilih perabot rumah tangga minimalis? Rumah bergaya minimalis seringkali menjadi pilihan utama di kalangan masyarakat perkotaan. Desain rumah yang satu ini memang begitu menarik. Walaupun pola penataannya terbilang sederhana, namun kesan yang dihasilkannya begitu kuat. Apalagi tema minimalis juga mengedepankan fungsi, artinya kegunaan rumah secara keseluruhan bisa didapat lebih maksimal.

Berbicara mengenai rumah minimalis, desain yang satu ini memang sering menjadi pilihan utama masyarakat perkotaan. Rumah dengan konsep ini mampu menghadirkan suasana menenangkan yang begitu mendalam. Hal ini tidak terlepas dari sifat kesederhanaannya dan harmonisasi dengan lingkungan alam. Cocok sekali menjadi obat stres bagi anda yang sepanjang hari telah melalui aktifitas yang penuh dengan tekanan dan kepenatan.

perabotan-rumah-tangga-minimalis.jpg

Ruang Tamu Berdesain Minimalis

Salah satu unsur yang tidak boleh ketinggalan melengkapi rumah adalah perabotan. Untuk dekorasi bernuansa minimalis, pemilihan perabot rumah tangga perlu diperhatikan sedemikian rupa, termasuk teknik penataannya. Simak kiat-kiat dari Arafuru di bawah ini :

1. Pilih Perabotan Bergaya Minimalis

Agar klop antara perabotan dan ruang yang dihiasinya, anda perlu memperhatikan model dan desain perabot rumah tangga yang sebaiknya dipilih. Disarankan pakai furnitur yang sesuai dengan bentuk, tipe, model, dan kualitas rumah. Untuk rumah bernuansa modern minimalis, ada banyak sekali perabot dekorasi yang bisa membuat rumah anda tampak lebih indah dengan suasana yang penuh kesederhanaan. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan meja dan kursi berbentuk geometris tegas yang dipadukan bersama meja bergaya modern. Sebaliknya, hindari perabotan yang dipenuhi dengan ukiran-ukiran bermodelkan klasik.

2. Ukur Luas Rumah dengan Tepat

Setelah anda memahami perabot seperti apa yang cocok dimasukkan ke rumah minimalis, selanjutnya adalah mengatur pola penempatannya. Mulailah dengan mencari tahu berapa ukuran luas masing-masing ruangan di rumah anda. Setelah itu, tentukan kira-kira berapa banyak porsi untuk bidang hias dan bidang kosong. Biasanya, perbandingan yang diambil antara bidang hias dan bidang kosong pada ruangan minimalis adalah 1:3. Ini berarti seluruh perabotan hanya memenuhi 1/3 luas ruangan, sedangkan 2/3 sisanya berupa bidang kosong sebagai ruang gerak. Jangan sampai perabotan yang pada mulanya berfungsi sebagai penghias justru menjadi perusak dekorasi ruangan.

3. Sesuaikan Perabot dengan Selera Pribadi

Desain rumah yang baik adalah desain yang sanggup menjamin kenyamanan seluruh penghuni rumah sekaligus menggambarkan bagaimana kepribadiannya. Hal yang sama juga berlaku dalam pemilihan dan penataan seluruh perabot untuk ruangan bergaya minimalis ini. Kalau bisa, utamakan lah pemakaian benda-benda yang menjadi favorit dan digemari oleh anda sekeluarga. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan mood dan tingkat kenyamanan yang tercipta. Contohnya anda bisa memasukkan perabot berupa kursi goyang, sofa besar, atau meja berbentuk bundar. Cuman, anda juga perlu mempertahankan kesan yang ditimbulkan oleh masing-masing benda tersebut agar terlihat minimalis.

4. Hiasi dengan Perabot Berbentuk Sederhana

Semua perabotan yang dibentuk dengan model sederhana selalu tampak minimalis. Hal ini dikarenakan penggunaan model perabot seperti ini akan memaksimalkan setiap bidang ruangan. Misalnya untuk memanfaatkan sudut ruangan, anda bisa menaruh meja kecil berbentuk kotak tegas sehingga setiap bidangnya dapat terisi oleh perabot ini.

5. Letakkan Perabotan Sebagaimana Fungsinya

Untuk menjaga rasa nyaman selama tinggal di rumah, anda bisa menempatkkan perabotan-perabotan tersebut sesuai fungsinya. Pun dalam penataannya, sebaiknya anda perlu memaksimalkan bidang yang dipilih tanpa menimbulkan sisa yang terbuang percuma. Bisa juga dengan meletakkan hiasan berukuran ramping dan kecil untuk mengisi bidang-bidang sisa tadi.