Furnitur
Dec9

Biar Nggak Murahan, Ini Tips Membeli Mebel Murah Berkualitas

Apakah anda tertarik membeli mebel murah yang berkualitas? Meskipun secara umum harga mebel terbilang mahal, namun ada juga beberapa penjual yang berani menjajakan dagangannya dengan harga yang murah. Biasanya, momen seperti ini terjadi saat ada diskon besar-besaran seperti menjelang perayaan hari raya ataupun di akhir tahun.

Selain karena adanya promo, harga miring juga biasanya berlaku pada mebel rekondisi. Yap, mebel bekas yang telah diperbaiki kembali ini harganya bisa lebih murah daripada mebel aslinya. Hal ini disebabkan meskipun bahan yang digunakan terlihat sama, namun sejatinya kualitas bahan-bahan tersebut berbeda.

tips-membeli-mebel-murah.jpg

Agar anda bisa mendapatkan mebel murah yang tidak murahan, simak tips dari Arafuru.com di bawah ini :

Jeli Memperhatikan Penawaran Harga

Produsen nakal seringkali mengiming-imingi calon pembeli dengan diskon besar-besaran yang ternyata hanya permainan marketing belaka. Sebagai contoh, ada sebuah sofa baru yang dibandrol dengan harga 2 juta setelah mendapat diskon 50 persen. Melihat diskon sefantastis itu tentu anda bisa kalap mata dan berpikir di luar akal sehat. Padahal di balik diskon sebesar itu, bisa jadi harga sofa yang sebenarnya memang dijual dalam kisaran 2 juta, atau malah harga mebel tersebut di tempat lain bisa lebih rendah dari 2 juta. Oleh sebab itu, anda sebagai calon pembeli jangan mudah terbuai dengan diskon dan harus pintar dalam menaksir harga. Khusus untuk mebel bermerk terkenal, anda bisa mengetahui harga aslinya secara online dengan mengunjungi situs resmi produsen mebel tersebut.

Pastikan Struktur Mebel Kokoh

Faktor kekokohan mebel ini menjadi teramat penting karena anda dihadapkan pada suatu barang yang berharga tidak wajar. Apa yang membuat penjual berani memotong harga yang bisa membuatnya rugi? Salah satu kemungkinan terbesarnya adalah karena kualitas mebel kurang baik. Cobalah periksa setiap sisi mebel untuk memastikan semuanya tampak baik dan kokoh. Perhatikan juga sudut-sudut yang tersembunyi seperti kolong mebel.

Ketuk-ketuk Mebel Kayu

Jika anda dihadapkan pada berbagai pilihan mebel kayu yang dijual dengan harga murah, ada cara jitu dalam memilih mana yang terbaik. Anda bisa mengetuk-ngetuk permukaan mebel kayu tersebut dan mendengarkan seberapa nyaring bunyi yang dikeluarkannya. Jika anda mendengarkan suatu bunyi nyaring yang tinggi, berarti bahan kayu yang digunakannya terbilang kokoh. Sedangkan apabila bunyi yang terdengar bernada rendah, artinya kayu tersebut juga berkualitas rendah. Cara ini tidak berlaku untuk mebel berbahan kayu partikel (particle board).

Rasakan Sensasi Kenyamanannya

Untuk mebel berupa tempat duduk seperti kursi dan sofa, anda bisa mengecek kualitas mebel murah tersebut dengan mendudukinya. Cobalah duduk dengan nyaman dan sandarkan tubuh anda. Sesekali gerak-gerakkan tubuh anda dan rasakan apakah ada suatu bunyi yang mencurigkan? Cobalah bergerak lebih kuat dan rasakan apakah ada struktur mebel yang sepertinya goyah? Meskipun berharga murah, mebel yang layak dibeli adalah mebel berkualitas dalam kondisi yang bagus.

Langsung ke Produsennya

Tidak ada tempat paling ideal untuk membeli membeli murah selain langsung ke produsennya. Yap, dengan membeli langsung ke produsen, anda bisa memangkas biaya distribusi yang sering membuat harga suatu mebel melonjak tajam. Di tempat produsen, anda juga bisa memastikan bagaimana kualitas bahan-bahan yang digunakan. Tidak selamanya produsen mebel hanya melayani pembeli partai besar. Saat ini, ada beberapa produsen yang bersifat fleksibel dan mau melayani pembeli eceran untuk keperluan mendekorasi interior rumah pribadi.