Furnitur
Oct21

Bagaimana Cara Memilih Lampu untuk Ruang Makan?

Bagaimana cara memilih lampu untuk ruang makan? Ruang makan merupakan salah satu ruangan di rumah yang keberadaannya tidak boleh dipandang sebelah mata. Ruangan ini sangat penting karena mampu mempengaruhi tingkat keharmonisan suatu keluarga. Anda bisa menciptakan perasaan keakraban yang kental antar anggota keluarga di sini dengan sering bersantap bersama.

Salah satu elemen dekorasi yang tampil mencolok di ruang makan adalah lampu. Lampu berfungsi sebagai sumber cahaya yang menerangi ruangan. Oleh karena itu, lampu berpengaruh besar terhadap suasana yang akan tercipta.

Berikut ini tips-tips dari Arafuru.com dalam memilih lampu terbaik :

Ciptakan Mood

memilih-lampu-ruang-makan.jpg

Seperti kita ketahui, lampu merupakan sumber pencahayaan ruangan di mana sinarnya akan menyelimuti seisi ruang makan. Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan jika lampu bisa digunakan untuk menciptakan suatu mood tertentu. Sebagai contoh, lampu bercahaya putih dapat digunakan untuk menghasilkan nuansa yang alami dan formal. Sedangkan lampu berwarna kuning sangat bagus untuk menciptakan kesan elegan, glamor, dan romantis.

Ukuran Lampu dan Ruangan

tips-memilih-lampu-ruang-makan.jpg

Pastikan saat menentukan lampu, anda telah menyesuaikannya dengan ukuran ruangan. Dengan cara ini, tingkat cahaya yang akan dihasilkan pun sesuai dengan apa yang kita inginkan. Yang tak kalah penting, pastikan seluruh sudut ruangan terkena oleh cahaya lampu ini.

Lampu Gantung

memilih-lampu-gantung-ruang-makan.jpg

Ruang makan akan terlihat istimewa dengan adanya lampu gantung (chandelier) di tengah-tengah ruangan. Kesan klasik dan elegan mampu membawa suasana makan di rumah seperti di restoran. Cara ini juga sangat direkomendasikan bagi anda yang sering menjamu tamu dengan makan bersama keluarga.

Lampu yang Tersebar

cara-memilih-lampu-ruang-makan.jpg

Apabila anda kurang suka dengan lampu gantung, anda tetap bisa menghadirkan suasana makan bak di restoran di rumah. Caranya dengan memasang beberapa lampu atap secara menyebar. Di beberapa restoran, khususnya yang berkonsep modern, mereka juga kerap memakai lampu jenis ini. Langkah ini akan menjadikan meja makan menjadi titik fokus ruangan.

Semburat Cahaya dari Cermin

bagaimana-memilih-lampu-ruang-makan.jpg

Karena mampu memantulkan cahaya, cermin akan menghasilkan cahaya temaram lembut yang indah sekali. Anda cukup meletakkan lampu dinding di dekat cermin dan biarkan sinarnya mengenai cermin-cermin tersebut. Cahaya yang terpantul dari cermin ini bisa menambah pesona ruang makan di rumah anda.