Furnitur
Sep28

Awas, Salah Menata Hiasan Bisa Sebabkan Ruangan Kacau!

Salah satu unsur dekorasi rumah yang harus diperhatikan penataannya adalah hiasan (aksesoris). Unsur hiasan ini berguna untuk memperindah ruangan sehingga tampilannya nampak dinamis dan tidak datar. Seringkali, hiasan suatu ruangan juga bisa menggambarkan karakter penghuninya.

menata-hiasan-rumah.jpg

Agar anda tidak melakukan kekeliruan saat menata hiasan-hiasan ini, cari tahu lima kesalahannya berikut ini :

Kesalahan 1 : Memajang Aneka Hiasan di Ruangan Kecil

Sudah menjadi sifat dasar manusia selalu merasa kurang dan kurang. Kita cenderung ingin memiliki suatu barang tanpa peduli itu sebenarnya berguna atau tidak. Namun jika hal ini diterapkan juga saat menata interior rumah, maka siap-siap saja suasananya akan terasa sempit sekali.

Kesalahan 2 : Memajang Hiasan Terlalu Tinggi

Dinding ruangan memang akan terasa hambar jika tidak dilengkapi dengan bingkai lukisan dan foto. Idealnya, hiasan tersebut dipasangkan pada ketinggian 1,5 meter di atas lantai. Jika terlalu tinggi, leher mudah sakit dan hiasan pun menjadi terabaikan dari pandangan.

Kesalahan 3 : Menggunakan Hiasan Berukuran Kecil

Sebelum anda membeli suatu aksesoris, sebaiknya anda mengetahui pasti berapa ukuran interior rumah yang anda miliki. Hal ini berguna supaya hiasan yang akan ditambahkan berukuran proporsional dan mampu menyatu dengan desain ruangan. Gunakan dua pertiga dari luas interior untuk diisi dengan aksesoris. Sedangkan, sepertiga sisanya biarkan kosong sebagai ruang gerak dan penyeimbang.

Kesalahan 4 : Menggantungkan Lampu Terlalu Rendah

Meski berukuran mungil, bukan berarti anda harus memasang lampu begitu rendah dengan lantai. Faktanya, pemasangan lampu yang salah bisa menyebabkan suasana di dalam ruangan itu terganggu, baik karena cahaya yang terlalu silau maupun terlalu redup. Idealnya pemasangan lampu dilakukan pada ketinggian antara 1,8-2 meter dari atas lantai. Tentunya lampu yang dipasang tersebut memiliki tenaga yang pas.

Kesalahan 5 : Menyusun Hiasan Secara Berbaris

Hindari menempatkan hiasan seperti membentuk pola barisan. Kenapa? Alih-alih ingin menciptakan hiasan yang terlihat rapi, seisi rumah jadi membosankan karena pola yang dibuat kurang berseni. Sebagai gantinya, anda dapat meletakkan hiasan-hiasan tersebut dengan pola asimetris, namun tetap memperhatikan keseimbangannya. Jika anda tetap bersikukuh ingin mengaturnya dalam pola barisan, mainkan segi ketinggian dari hiasan-hiasan tersebut.