Furnitur
Oct15

Aneka Desain Kursi Taman

desain-kursi-taman.jpg

Kursi khusus taman dirancang agar tahan terhadap sinar matahari dan hujan. Umumnya, bahan yang dipakai terbuat dari kanvas, vinil, logam, kayu, rotan dan bahan tahan lama lainnya. Berikut ini 5 jenis kursi taman yang dibedakan menurut bahan pembuat dan bentuknya :

1. Plastic Lawn Chairs (Plastik)

Jenis kursi ini terbuat dari plastik yang tahan lama serta tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Kelebihannya adalah mudah dibersihkan dengan air sabun.

2. Adirondack Lawn Chairs (Kayu)

Jenis kursi yang satu ini terbuat dari kayu dan merupakan model kursi taman pertama yang dikembangkan pada awal 1900-an. Meskipun masih mengusung bentuk lamanya, kursi taman ini masih sesuai dengan suasana sekarang berkat sandaran tinggi dan dudukannya yang lebar. Beberapa jenis Adirondack Chairs juga dilengkapi dengan bantal.

3. Wicker Chairs (Anyaman)

Wicker Chairs adalah kursi taman yang terbuat dari anyaman bambu atau serat lentur lainnya. Kursi ini menambah keindahan taman yang ditumbuh oleh rumput-rumput hias. Sayangnya kursi ini tidak cocok dijadikan sebagai kursi portabel.

4. Hammocks (Kain)

Ciri khas kursi ini adalah kain sebagai materi utamanya. Kain yang digunakan adalah kain yang tahan lama dan kuat seperti vinil. Pemasangannya pun sangat mudah yaitu dengan mengikatkannya pada dua pohon yang kokoh. Beberapa taman juga sengaja memasang tiang besi sebagai pengganti pohon.

5. Folding Chairs (Kursi Lipat)

Kursi lipat cocok ditambahkan pada gaya taman apapun karena bentuknya yang bisa disesuaikan dan tahan lama. Kebanyakan bahannya terbuat dari plastik sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, kursi jenis ini juga biasanya digunakan di kursi arena olahraga atau berkemah untuk menyediakan tempat duduk di luar ruangan yang cepat.

Bagaimana Cara Memilih Kursi Taman yang Tepat?

Memilih kursi taman terbaik ditentukan sesuai kebutuhan Anda saat ini. Jika Anda membutuhkan kursi yang kuat serta tahan terhadap terpaan sinar matahari dan hujan, Anda bisa memilih kursi dari bahan kayu dan logam. Jika Anda ingin kursi taman yang bisa disimpan dengan mudah dan ringan dibawa, maka kursi anyaman dengan rangka dari alumunium adalah pilihan terbaik. Selain itu, tentukan juga gaya kursi apa yang sesuai dengan dekorasi rumah dan taman Anda, apakah yang memiliki sandaran tegak atau miring sebagai tempat bersantai.

Begitu Anda telah menentukan desain kursi taman sesuai kebutuhan yang harus dipenuhi, selanjutnya adalah memilih bahan kursi yang sesuai. Kayu adalah pilihan terbaik untuk kursi taman karena terlihat menarik secara visual, namun perlu diingat bahan bahan ini lebih mahal daripada yang lainnya dan mudah rusak bila terkena hujan secara terus-menerus. Jika Anda tetap menginginkan kayu, pilih karyu dari pohon jati. Meskipun harganya lebih mahal, tetapi kualitasnya lebih tahan terhadap jamur. Kursi taman dari pohon jati ini akan bertambah lama sebagai penghias taman Anda.

Jika faktor biaya adalah patokan utama Anda dalam memilih kursi, pertimbangkan kursi dari plastik. Jenis kursi plastik tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik dan gaya yang unik. Selain itu, pemeliharaannya pun bisa dibilang mudah. Anda cukup membersihkannya hanya dengan air saja. Bobotnya pun terbilang ringan saat dipindahkan dibandingkan dengan bahan yang lain. Sementara itu, dalam penyimpanannya pun sangat mudah, karena bisa ditumpuk sehingga tidak memakan ruangan.

Sedangkan jika Anda ingin kursi taman yang fleksibel, maka pilihlah kursi lipat. Memasang kursi lipat bisa dibilang sangat mudah cukup melipatnya begitu saja, demikian juga saat menyimpannya. Kursi ini sering menggunakan alumunium sebagai kerangkanya. Lipatannya dirancang dengan teknik yang sempurna sehingga memiliki slider yang mudah digerakkan, ringan dan kuat saat diduduki. Sayangnya, karena bobotnya yang terlalu ringan sehingga membuat kursi lipat gampang tertiup angin.

Tags: desain furniture kursi taman

Rate this article!

Aneka Desain Kursi Taman,0 / 5 ( 0votes )
  • SHARE!

Related Posts