Aneka Desain Bingkai Lukisan, Yang Mana Favoritmu?

Apakah anda hobi memajang lukisan atau foto keluarga di rumah? Jika iya, pastinya anda sangat hafal dengan keberadaan bingkai/frame lukisan ya. Selain berguna sebagai pelindung, bingkai juga mampu memperindah tampilan lukisan dan foto di dalamnya. Ternyata bentuk dan desain bingkai tidak hanya kotak dan persegi panjang lho. Masih banyak bentuk-bentuk lain yang pastinya bakal membuat koleksi anda kian menarik. Apa saja?

1. Bingkai Persegi

Bentuk persegi pada bingkai paling cocok digunakan untuk hiasan dinding bergaya modern minimalis. Bentuknya yang sederhana dan tegas memungkinkannya mampu bergabung bersama interior. Hiasan berbingkai kotak biasanya dipajang lebih dari satu dengan cara menjajarkannya, baik secara horisontal, vertikal, maupun diagonal. Paling pas bentuk ini digunakan pada ruangan sempit. Sayangnya, bingkai kotak yang terlalu besar terkadang menimbulkan kesan yang aneh.

2. Bingkai Persegi Panjang

Persegi panjang merupakan bentuk bingkai yang paling umum. Semua desain interior rumah mampu berkolaborasi dengan cantik bersama bentuk ini, dari gaya tradisional, klasik, romantis, hingga kontemporer. Namun, dinding yang paling tepat dihias dengan bingkai berbentuk persegi panjang adalah dinding yang luas. Pada dinding ini, ukuran lukisan terlihat proporsional baik pada panjang maupun lebarnya.

3. Bingkai Oval

Bingkai berbentuk oval/elips ini berguna untuk menciptakan tampilan dinding yang dinamis. Kesan kaku yang biasanya terdapat pada bentuk persegi seketika akan hilang berkat lekukan yang dimilikinya. Hanya saja, sangat sulit menemukan karya seni yang berbentuk oval. Mau tidak mau anda pun harus memesannya terlebih dahulu atau memotong lukisan yang ada. Tapi usaha anda tersebut akan terbayar setelah memiliki hiasan dinding yang terlihat sangat unik.

4. Bingkai Polos

Jika anda menerapkan konsep minimalis, maka bingkai polos ini akan mempermanis interior. Bingkai yang berdesain sederhana ini paling cocok digunakan untuk membungkus lukisan bersifat abstrak dan modern. Sedangkan, warna cokelat dan hitam paling sering digoreskan ke bingkai untuk mempertegas keberadaan lukisan tersebut.

5. Bingkai Berukir

Melihat ornamen ukiran, pastinya erat kaitannya dengan desain tradisional dan klasik. Begitupun pada bingkai, di mana aliran lukisan yang cocok di dalamnya dipilih yang bertema lingkungan kerajaan dan kehidupan zaman dulu. Paling sering aksen ukiran diwarnai dengan emas menyala yang dapat mengangkat nilai dari hiasan ini. Sementara untuk foto, bingkai berukir ini sangat anggun digunakan untuk memajang foto keluarga besar anda. Hanya saja, hindari tema-tema yang modern karena akan sangat bertolak belakang dengan karakteristik dari ukiran itu sendiri.

6. Bingkai Bersudut

Sudut-sudut pada bingkai ini tidak hanya berguna sebagai penghias saja, namun juga mampu meningkatkan ekspresi dari lukisan yang dibungkus. Memang benar, bingkai bersudut ini paling cocok digunakan pada hiasan berupa foto atau gambar seseorang. Wajah pada lukisan tersebut seketika akan terlihat lebih ekspresif dari sebelumnya.

7. Bingkai Berwarna

Tidak hanya untuk anak-anak, bingkai yang dihiasi aneka warna ini juga pas dipakai dalam menghias lukisan yang bertema keceriaan. Warna-warna cerah yang dimainkan secara berani ini bahkan menghasilkan kesan yang sangat dinamis. Ada kalanya, bingkai dilengkapi dengan hiasan bunga, serangga, dan pohon yang tentu bisa membawa suasana di lukisan lebih bisa dirasakan penglihatnya.