Furnitur
Feb28

9 Trik Merawat Sofa agar Selalu Terlihat Baru

Bagaimana trik merawat sofa agar selalu terlihat baru? Eksistensi ruang keluarga akan terasa kurang lengkap jika tidak ada sofa di dalamnya. Selain berfungsi sebagai tempat duduk, biasanya sofa juga kerap dijadikan sebagai kasur cadangan. Tak heran, kebanyakan sofa memiliki ukuran yang besar, bertekstur empuk, dan nyaman diduduki.

Dari beberapa survei terungkap bahwa mayoritas pemilik rumah lebih tertarik membeli sofa yang berwarna gelap. Alasannya, karena warna ini mampu menyamarkan noda-noda yang melekat di permukaannya sehingga sofa tampak selalu bersih walaupun jarang dirawat. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pemikiran semacam ini. Hanya saja, hal ini justru akan membatasi olah dekorasi pada ruang keluarga anda. Terlebih, sofa berwarna putih dan krem memiliki pesona yang lebih anggun dan elegan dibandingkan dengan sofa yang berwarna cokelat tua dan hitam tadi.

tips-merawat-sofa.jpg

Ruang

Di bawah ini kiat-kiat dalam merawat sofa di ruang keluarga :

  1. Disarankan hindari menempatkan sofa di sudut ruang keluarga yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini karena panas pada sinar matahari tersebut bisa merusak sofa secara perlahan. Khususnya pada sofa yang terpapar sinar terus-menerus, warnanya akan tampak memudar.
  2. Kurang lebih sama juga, hindari meletakkan sofa di sudut ruangan yang lembab. Kelembaban akan memicu timbulnya jamur, sehingga sofa tampak dipenuhi bercak-bercak putih dan cepat rusak.
  3. Secara berkala, bersihkan permukaan sofa memakai deterjen khusus berjenis whipped sesuai bahan yang membalut sofa tersebut. Deterjen yang digunakan untuk membersihkan sofa kulit tentu berbeda dengan sofa berbahan kain sintetis. Adapun caranya, campurkan air dengan deterjen secukupnya, lalu aduk hingga berbusa. Selanjutnya, busa deterjen ini dapat diusapkan ke permukaan sofa yang kotor memakai kain lap yang lembut.
  4. Untuk perawatan harian agar sofa selalu tampak bersih, anda bisa memanfaatkan kain lap basah. Sofa cukup dilap secara merata di seluruh permukaannya. Setelah itu, keringkan permukaan sofa tersebut dengan bantuan kipas angin.
  5. Noda-noda yang berada di sudut dan lipatan sofa biasanya menempel kuat dan susah dihilangkan. Untuk mempermudahnya, anda bisa memakai vacum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran tadi. Hindari menekan-nekan lipatan sofa karena bisa menyebabkan teksturnya mengendur.
  6. Jangan pernah memindahkan sofa dengan cara digeser atau diseret karena bisa merusak kaki-kaki sofa dan permukaan lantai. Sebaiknya, memindahkan sofa harus dilakukan dengan cara diangkat pada keempat sisi secara bersamaan, lalu dipindahkan.
  7. Hindari menaruh berbagai benda di atas sofa. Selain berpotensi mengotori permukaannya, beberapa benda seperti koran dan majalah pun dapat menyebabkan timbulnya noda membandel di sofa tersebut. Apalagi jika sofa berwarna putih, maka bercak-bercak noda ini akan terlihat jelas sekali.
  8. Pastikan seluruh tubuh kita telah bersih saat hendak duduk di sofa, terutama bagian tangan dan kaki. Sedikit saja kotoran yang ada pada anggota tubuh bisa dengan mudah menempel ke permukaan sofa tadi.
  9. Dilarang melompat-lompat di atas sofa karena bisa merusak bagian pegasnya. Hal ini berakibat pada dudukan sofa yang akan mengendur dan terasa tidak nyaman ketika diduduki lagi.