Furnitur
May22

8 Tips Memilih Hiasan Dinding Menarik

tips-memilih-hiasan-dinding.jpg

Tips memilih hiasan dinding yang menarik diperlukan ketika Anda ingin menghidupkan suasana interior rumah. Jangan biarkan ruangan terasa hampa akibat tidak adanya suatu pemanis ruangan yang menempel di dinding. Ada banyak hiasan dinding yang bisa dicoba, dari mulai lukisan, ukiran, sampai benda-benda dengan nilai seni yang tinggi.

Seringkali kita dibingungkan dengan benda apa saja yang akan menempati ruangan. Salah satunya adalah memilih hiasan dinding yang tepat. Hiasan dinding yang bagus tidak perlu yang mahal, asalkan mampu menambah nilai estetika ruangan, pilihlah hiasan dinding tersebut. Di bawah ini merupakan berbagai tips yang bisa Anda coba dalam memilih hiasan dinding:

1. Luas dinding kosong

Mulailah dengan mencari tahu seberapa luas ukuran dinding rumah Anda. Kemudian perkirakanlah luas dinding yang akan diisi oleh hiasan. Jangan sampai menempatkan lukisan yang memenuhi seluruh dinding ataupun lukisan yang terlalu kecil. Perhatikan harmonisasi antara ruang untuk hiasan dengan ruang yang kosong.

2. Karya seni

Jelilah dalam memilih benda-benda bernilai seni untuk ditempatkan di rumah Anda. Misalnya lukisan atau piringan karya seseorang. Sebuah karya seni tidak melulu harus yang mahal. Ada banyak lukisan-lukisan yang terjangkau oleh kantong Anda. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi melalui barang-barang berseni dan antik ini.

3. Sesuai kepribadian

Ingat pepatah lama bahwa desain rumah yang baik akan menggambarkan kepribadian dan menjamin kenyamanan pemilik rumah. Pun begitu dalam hal pemilihan hiasan dinding. Pilihlah benda-benda favorit dan kegemaran. Pemilihan benda seperti ini akan membangkitkan mood dan rasa nyaman ketika berada di dalam rumah. Sebagai contoh yaitu miniatur mobil, pesawat, kendaraan tradisional, dan lain-lain.

4. Harmonisasi desain

Selain memperhatikan kepribadian yang Anda miliki, dalam memilih hiasan dinding Anda juga perlu memperhatikan kesesuaian hiasan dengan desain rumah. Untuk rumah berdesain klasik, pilihlah benda-benda etnik, handmade, dan bergaya antik. Sementara untuk desain rumah minimalis bisa menempatkan lukisan bergaya abstrak.

5. Benda unik

Benda unik memang sangat cocok ditempatkan sebagai pemanis ruangan termasuk sebagai hiasan dinding yang memukau. Letakkan beberapa hiasan unik di ruang tamu untuk memberikan kejutan pada orang yang berkunjung di rumah Anda. Buat mereka merasa iri dengan hiasan dinding langka yang Anda miliki. Untuk mendapatkan hiasan dinding yang unik, Anda bisa mencarinya langsung di berbagai pusat belanja ataupun berburu di website yang menjual barang-barang unik.

6. Bingkai lukisan

Penempatan lukisan tidak bisa terlepas dari bingkai yang melingkarinya. Oleh sebab itu, keberadaan bingkai juga turut menjadi perhatian mata. Dalam memilih bingkai lukisan, ada dua faktor yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah bentuknya, usahakan memilih bingkai yang unik dan berbeda. Bisa juga dilihat dari beberapa hiasan yang menempelnya seperti pecahan kaca, ornamen tradisional, atau rumah kerang. Selanjutnya perhatikan warna yang digunakan oleh bingkai tadi. Sesuaikan warna bingkai dengan tema lukisan yang digunakan.

7. Pilih dengan cermat

Dalam memilih hiasan dinding yang cocok tidak perlu terburu-buru. Jika Anda memiliki waktu luang yang cukup, sempatkanlah untuk mengunjungi galeri lukisan atau pameran karya seni di kota Anda. Ada banyak barang bagus yang tersedia di tempat ini. Anda juga bisa meminta seseorang untuk membuatkan sebuah lukisan yang sesuai dengan selera Anda. Satu hal yang terpenting adalah jangan sampai lapar mata.

8. Rekomendasi ahli

Apabila Anda merasa kesulitan dalam menentukan hiasan dinding yang akan dipakai. Jangan sungkan untuk menggunakan jasa desain interior rumah. Mereka pasti mempunyai beribu ide cemerlang dan konsep unik seputar hiasan dinding yang akan dipergunakan. Anda bisa memberitahukan desain seperti apa yang Anda inginkan serta membantu Anda menata peletakkan hiasan-hiasan dinding rumah agar terlihat menarik.

Tags: aksesoris

Rate this article!

Related Posts