Furnitur
Jul26

8 Tips Membeli Brankas yang Aman

Apakah Anda membutuhkan tips dalam membeli brankas yang aman? Brankas ialah tempat penyimpanan khusus yang dapat menjamin keamanan barang-barang Anda dengan lebih baik. Tidak hanya oleh pencuri, brankas juga sanggup memberikan jaminan keamanan kepada barang-barang penting Anda agar tetap utuh dan selamat dari bahaya api ataupun banjir.

Akan tetapi, banyaknya produk brankas yang dijual di pasaran membuat siapa pun akan mengalami kebingungan, tak terkecuali dengan Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan kepada Anda supaya mempelajari bagaimana trik-trik pembelian brankas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Simak panduan selengkapnya sebagai berikut!

tips-membeli-brankas.jpg

Tips 1 : Sesuaikan dengan Benda yang hendak Disimpan

Seyogianya benda-benda yang akan disimpan di dalam brankas harus bersifat penting. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menanyakan pada diri sendiri apakah benda yang paling disesalkan Anda apabila benda tersebut hilang atau rusak. Sebagai contoh sertifikat tanah, akta kelahiran, kartu keluarga, emas, berlian, paspor, rekaman investasi, asuransi, deposito, dan rekening tabungan. Kadang-kadang Anda pun perlu menyimpan obat-obatan yang bersifat keras dan berbahaya jika sampai diminum oleh orang lain.

Tips 2 : Ketahui Pilihan Tipe Brankas

Perlu diketahui, ada tiga tipe brankas berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Yang pertama, brankas dinding adalah brankas yang dipasang pada dinding ruangan secara menggantung dan berguna untuk menyimpan benda-benda berbobot ringan seperti dokumen. Tipe brankas kedua yaitu brankas lantai yang ditaruh begitu saja di atas lantai, dapat dipindah-pindahkan, dan berfungsi untuk mengamankan benda-benda yang cukup berat semisal perhiasan. Dan brankas tipe ketiga ialah brankas yang khusus diperuntukkan menyimpan senjata.

Tips 3 : Ukur Volume Brankas yang Dibutuhkan

Sebelum membeli brankas, Anda harus tahu terlebih dahulu berapa ukuran brankas yang dibutuhkan. Jangan sampai ketika brankas sudah ada, ternyata ukurannya kekecilan atau malah kebesaran dari sepot dinding yang tersedia. Mulailah dengan menghitung berapa kapasitas media penyimpanan yang Anda butuhkan, baik dari segi panjang, lebar, maupun tingginya. Caranya Anda bisa memasukkan semua barang yang ingin disimpan ke dalam kardus yang proporsional. Kemudian Anda bisa menambahkan sedikit volume tersebut guna mengantisipasi alokasi penyimpanan darurat.

Tips 4 : Hitung Anggaran Pembelian

Pepatah lama mengatakan ada harga ada rupa. Namun bukan berarti brankas yang bagus harus selalu berharga mahal ya. Biasanya harga brankas dipengaruhi oleh kualitas bahan baku, kunci pengaman, atau model baut yang terpasang. Beberapa brankas yang bermutu premium bahkan ada pula yang dilengkapi dengan garansi spesial dari pabrik pembuatnya.

Tips 5 : Tentukan Posisi Pemasangan

Mayoritas pemilik rumah menyimpan brankas di dalam lemari pada kamar tidur utama. Saking populernya lokasi ini sebaiknya Anda menghindarinya supaya para pencuri tidak mudah menebak letak brankas tersebut. Jauh lebih disarankan simpanlah brankas di tempat-tempat yang paling tidak mungkin digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang berharga. Contohnya di loteng kamar mandi dan di bawah tangga rumah.

Tips 6 : Jenis Perlindungan yang Ditawarkan

Tak disangka-sangka, api merupakan penyebab paling sering dari rusak/hilangnya barang-barang berharga di seluruh dunia. Peringkat selanjutnya diikuti oleh pencuri, lalu air/banjir. Jadi ada baiknya Anda memprioritaskan pemilihan brankas yang terbuat dari material yang mempunyai ketahanan tinggi terhadap api. Hal ini mungkin perlu disesuaikan kembali dengan jenis bahaya yang mengancam di sekitar Anda.

Tips 7 : Pilihan Model Kunci yang Melengkapi

Setidaknya terdapat dua model kunci yang melengkapi brankas antara lain kunci manual dan kunci digital. Kunci manual adalah kunci yang paling banyak digunakan khususnya pada loker. Kunci ini dioperasikan dengan memutar angka hingga ditemukan deretan kombinasi angka yang tepat. Meskipun sulit sekali dibobol, tetapi perlu tenaga ahli untuk mengganti kombinasi angka kunci agar tetap aman. Perkembangan dari kunci tersebut ialah kunci digital yang dilengkapi dengan teknologi touchscreen untuk mengubah kombinasi angka sampai benar. Meskipun terlihat keren, kunci ini membutuhkan tenaga listrik terus-menerus.

Tips 8 : Ikat supaya Sulit Dibawa Kabur

Beberapa pencuri yang kesulitan membongkar brankas sering kali membawa brankas tersebut kabur. Agar hal yang serupa tidak menimpa Anda, sangat disarankan untuk mengikat brankas tersebut menggunakan rantai baja. Anda bisa mengikatkan rantai dari keempat sudut brankas ke tongkat baja yang ditanamkan dalam tanah. Dengan demikian, brankas pun akan sulit diangkat dari posisinya.