Furnitur
Apr21

7 Tips Menata Lemari Pakaian

tips-menata-lemari-pakaian.jpg

Tahukah Anda, bahwasanya penyebab terbesar ruangan terliha berantakan adalah lemari. Lemari apa saja, termasuk lemari pakaian, di mana penataannya mudah sekali berserakan. Lemari seperti ini mampu menurunkan semangat beraktifitas sehari-hari.

Jika di rumah Anda juga sering terjadi kekacauan di lemari, cobalah ketujuh tips berikut ini :

1. Singkirkan Pakaian yang Sudah Tidak Dikenakan

Jika ada pakaian yang tidak pernah dipakai dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, itu tandanya Anda harus mengeluarkan pakaian tersebut. Cobalah berbagi denga orang lain yang membutuhkan. Jangan biarkan pakaian Anda menumpuk di lemari seperti sampah. Anda tidak ingin lemari Anda tampak seperti ini lagi kan? Jadi relakanlah pakaian tersebut pergi.

2. Tempatkan Pakaian yang Sering Digunakan di Bagian yang Strategis

tips-menata-lemari.jpg

Apakah Anda sering menggunakan kaos dan celana jeans dalam beraktifitas sehari-hari? Pastikan pakaian favorit Anda ini berada di bagian yang mudah ditemukan. Bisa digantungkan, ditempatkan di lipatan paling atas atau bisa juga dipisahkan ke dalam tempat tersendiri.

3. Mengelompokkan Pakaian Berwarna Sama

menata-lemari-pakaian.jpg

Cara lain untuk menata lemari pakaian adalah dengan mengelompokkan pakaian berwarna sama. Kaos berwarna biru disandingkan dengan warna biru. Begitu juga dengan celana hitam, sebaiknya diletakkan bertumpukan dengan celana hitam. Melalui cara ini, tidak hanya akan mempermudah Anda menemukan pakaian yang diinginkan, tetapi juga membuat suasana di dalam lemari lebih bergaya.

4. Simpan Jaket dan Pakaian Berukuran Besar di Lemari Tersendiri

lemari-pakaian.jpg

Tips ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki lemari pakaian berukuran kecil. Simpan jaket-jaket yang berukuran besar ke dalam wadah tersendiri. Bisa berupa kotakan atau keranjang. Selain membuat ruangan di lemari terasa lega, juga akan menyediakan lebih banyak ruang tersisa untuk digunakan sebagai tempat menyimpan pakaian yang lainnya.

5. Gunakan Satu Model Gantungan

Salah satu cara untuk membuat suasana di dalam lemari menjadi lebih rapi adalah dengan menggunakan satu jenis gantungan. Jika Anda menggunakan bahan kayu, maka gunakanlah kayu untuk semuanya. Begitupun saat memakai plastik atau kawat. Gantungan yang senada ini akan menciptakan visualisasi yang konsisten.

6. Buat Ruang untuk Aksesoris

mengatur-lemari-pakaian.jpg

Sabuk, tas, sepatu dan dasi harus memiliki tempat tersendiri. Simpan benda-benda ini ke ruangan yang mudah ditemukan dan tidak tersembunyi. Gantung kan sabuk pada pengait, susun sepatu di rak dan gunakan bagian samping rak untuk menempatkan tas.

7. Lipat dengan Rapi

Untuk pakaian dengan serat kain yang mudah rusak, usahakan untuk melipat pakaian tersebut daripada menggantungnya. Sebagai contoh, bahan sweater dan jeans harus dilipat rapi dan dikelompokkan sesuai warnanya. Dengan melipatnya, lemari pakaian akan menjadi rapi. Selamat mencoba.