Furnitur
Jul27

7 Tips Memilih TV LED yang Bagus dan Awet

Apakah Anda membutuhkan tips memilih TV LED yang bagus dan awet? Saat ini, TV LED menjadi primadona di antara produk televisi-televisi yang lainnya. Selain memiliki desain yang menawan, TV ini juga menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik dan hemat tenaga listrik. Beberapa TV LED bahkan telah ditanami teknologi-teknologi yang canggih serta terkoneksi dengan jaringan internet.

Mengingat harganya yang cukup mahal, TV LED tergolong salah satu barang elektronik yang bersifat mewah. Oleh karena itu, pemilihannya pun wajib dilakukan dengan tepat dan sesuai kebutuhan. Jangan sampai Anda membeli TV yang ternyata memiliki kemampuan jauh di bawah yang Anda bayangkan sehingga TV tersebut teronggok percuma di salah satu sudut ruangan.

tips-memilih-tv-led.jpg

  1. Kenali Karakteristik TV LED

Tidak selamanya produk televisi yang tipis adalah TV LED. Faktanya ada jenis TV lain yang memiliki bentuk hampir sama dengan TV LED yaitu TV LCD dan TV Plasma. TV LED merupakan televisi berlayar LCD yang dilengkapi dengan teknologi LED Lamp sehingga hemat energi.

  1. Faktor Hemat Energi

Pada dasarnya, TV LED membutuhkan konsumsi energi listrik yang jauh lebih sedikit daripada TV LCD, TV Plasma, ataupun TV Tabung. Hal ini tidak lain berkat teknologi LED Lamp yang ditanamkan di dalamnya. Bahkan konsumsi listrik TV LED hanya sebatas 40% dari energi yang dibutuhkan oleh TV LCD. Namun seyogianya Anda perlu memperhatikan sekali lagi label yang menyertai TV LED incaran Anda.

  1. Utamakan Garansi yang Menyertai

Aturan dasar dalam memilih barang-barang elektronik adalah beli produk yang dilengkapi dengan garansi. Garansi dapat diibaratkan sebagai jaminan yang diberikan oleh produsen kepada konsumen tentang kualitas TV LED yang dibuatnya. Ingat garansi bukan hanya sekadar tulisan yang tertera pada kemasan produk, tetapi merupakan dokumen-dokumen resmi yang bisa Anda gunakan sebagai syarat untuk mengklaim.

  1. Perhatikan Rasio Kontras

Rasio kontras adalah kemampuan TV LED dalam menampilkan gambar dengan kecerahan gelap hingga terang pada suatu waktu. Semakin panjang rasio kontras yang dimiliki, semakin bagus pula kualitas gambar yang sanggup dihasilkan oleh televisi tadi. Jadi sebaiknya pilih TV LED yang memiliki rasio kontras tinggi agar Anda puas mengatur tingkat kecerahan gambar sesuai keinginan.

  1. Pertimbangkan Half Life

Half life (paruh hidup) menyatakan rentang waktu yang dimiliki oleh TV LED dalam menciptakan brightness sebesar 50% dari kemampuannya. Informasi tentang half life ini bisa Anda temukan pada kemasan produk televisi tersebut. Yang perlu diperhatikan ialah kualitas suatu TV LED akan semakin bagus manakala nilai half life yang dimilikinya semakin lama.

  1. Lokasi Pusat Servis Terdekat

Produsen TV LED ternama selalu mempunyai pusat servis yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Jika memungkinkan, beli televisi buatan produsen yang memiliki pusat servis tidak jauh dari rumah Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah saat ingin menghubungi produsen manakala terdapat kendala-kendala tertentu pada TV LED Anda. Begitu pun ketika ingin mengklaim garansi, prosesnya akan jauh lebih gampang.

  1. Sesuaikan Harga dengan Anggaran

Aturan ada harga ada rupa sepertinya saat ini sudah tidak berlaku lagi ya. Kenyataannya seiring dengan terbukanya pasar perdagangan internasional secara bebas, ada begitu banyak TV LED yang memiliki kualitas tinggi dan dijual dengan harga di bawah rata-rata. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam memperhatikan spesifikasi TV LED yang hendak dibeli agar sesuai harapan.