Furnitur
Dec29

7 Tips Memilih Sofa Idaman untuk Ruang Tamu

Karena harganya mahal, memilih sofa untuk ruang tamu harus dilakukan dengan hati-hati. Terlebih jika kita mengingat suatu sofa biasanya mampu bertahan hingga mencapai 10 tahun. Oleh sebab itu, pemilihan sofa yang tepat akan menghemat banyak anggaran sekaligus juga menjadi sebuah investasi yang bernilai tinggi.

tips-memilih-sofa-ruang-tamu.jpg

Agar tidak salah dalam memilih sofa, yuk simak tips-tips dari kami berikut ini :

1. Kualitas Pegas dan Busa Sofa

Periksa kondisi pegas dan busa yang membangun sofa tersebut. Pastikan daya mutunya tinggi. Pada umumnya, sofa bisa dikatakan bagus jika mampu bertahan selama 5 hingga 10 tahun. Oleh karena itu, pilih juga merk/produsen sofa yang berani menjamin kualitas sofanya dengan memberikan garansi dalam waktu cukup lama.

2. Kayu Rangka Sofa

Selain pada jenis kayu yang digunakan, perhatikan pula proses pengolahan kayu rangka sofa tersebut. Biasanya, kayu yang sudah diolah terlebih dulu melalui proses pemanasan memakai oven akan memiliki kualitas yang semakin meningkat. Hal ini disebabkan kadar air di dalam kayu akan berkurang sehingga ketahan kayu tersebut lebih kokoh.

3. Bahan Pelapis Sofa

Bahan pelapis sofa terdiri dari bahan berupa kain dan kulit sintetis. Setiap bahan yang anda pilih sangat menentukan pesona dari sofa tersebut. Selalu pilih bahan pelapis tebal dengan serat yang cukup rapat. Sebab, hal ini berpengaruh pada daya resap air yang bisa menembus bahan pelapis tersebut. Semakin renggang serat pada bahan pelapis sofa memungkinkan air yang bisa masuk mengenai busa semakin banyak. Walhasil, busa sofa yang lembab ini pun lebih rentan rusak.

4. Bentuk dan Ukuran Sofa

Pemilihan sofa yang tepat juga harus memperhatikan dipengaruhi luas ruang tamu yang tersedia. Di pasaran, saat ini terdapat berbagai bentuk sofa seperti U shaped, L shaped, I shaped, dan sebagainya. Begitupun dengan ukurannya, ada sofa loveseat, ottoman, dan lain-lain. Semakin rumit bentuk sofa yang dipilih, maka semakin besar ruangan yang dibutuhkan. Untuk ruang tamu kecil, pilih sofa dengan model sederhana dan jumlah yang cukup.

5. Warna Sofa dan Tema Ruangan

Disarankan memilih sofa dengan warna yang sesuai dengan tema ruangan. Untuk bermain aman, pilih sofa berwarna netral seperti putih, krem, abu-abu, dan hitam. Warna beige dan cokelat juga bisa anda pertimbangkan untuk menciptakan interior ruang tamu klasik.

6. Kerapian Jahitan dan Sambungan

Aspek kerapian jahitan dan sambungan bahan pelapis juga turut andil dalam menentukan keindahan suatu sofa. Periksa dengan seksama kualitas jahitan sofa, terutama pada bagian antara busa dan kain. Pastikan jahitannya kuat dan rapi supaya sofa lebih awet dan bertahan lama.

7. Sandaran Punggung

Sandaran punggung juga mempengaruhi desain dan kenyamanan suatu sofa. Sofa modern umumnya memiliki sandaran dengan ukuran yang cukup untuk menjaga kesederhanaannya. Sebaliknya, pada ruangan bergaya klasik, pilih sofa dengan sandaran yang besar dan lebar. Kelebihan lain dari sofa dengan model seperti ini biasanya akan terasa lebih nyaman.