Furnitur
Nov23

7 Partisi Ruangan “Visual” Pengganti Dinding

Partisi ruangan berfungsi sebagai pemisah interior sehingga dapat digunakan untuk fungsi-fungsi tertentu. Sayangnya, penggunaan partisi dinding akan mengakibatkan rumah terasa sempit. Apalagi bila ukuran rumah anda tergolong mungil, interiornya pun akan semakin sesak.

Demi menyiasati hal ini, anda bisa menerapkan partisi visual sebagai partisi rumah. Pada dasarnya, partisi ini bekerja dengan menciptakan kesan-kesan tertentu pada mata, sehingga membuat sebuah ruangan seolah-olah terpisah menjadi beberapa ruangan. Apa saja partisi visual yang bisa digunakan?

1. Mebel Pendek dan Transparan

partisi-mebel.jpg

Pada interior yang luas, tentu anda perlu membagi ruangan-ruangan tersebut sesuai fungsinya kan? Nah, agar kesan lega bisa terus dipertahankan, cobalah memisahkan ruangan tersebut memakai mebel berukuran pendek. Bentuk mebel seperti ini tidak akan menghalangi penglihatan mata. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan mebel kaca sehingga permukaannya tembus pandang.

2. Pencahayaan

partisi-cahaya.jpg

Pencahayaan merupakan partisi ruangan paling murah dan efektif menghadirkan suasana tertentu pada masing-masing ruangan. Anda bisa membedakan ruangan dengan menerapkan warna cahaya yang berbeda. Misalnya, pada ruang tamu gunakan cahaya putih, dan untuk ruang keluarga di sebelahnya pasanglah lampu bercahaya kuning. Selain dari segi warna cahayanya, aspek jenis, bentuk, dan tingkat kecerahan lampu juga mempengaruhi nuansa yang dihasilkan.

3. Cat Dinding

partisi-cat-dinding.jpg

Selain pencahayaan, partisi visual lainnya yang juga cukup populer adalah cat dinding. Cat mampu menghasilkan pengaruh yang besar terhadap suasana suatu ruangan. Jadi, berhati-hatilah saat memilih warna cat untuk partisi ruangan ini. Usahakan perbedaan antar warna tersebut tidak terlalu mencolok sehingga desain rumah secara keseluruhan bisa dibangun dengan apik.

4. Perbedaan Ketinggian

partisi-atap.jpg

Semakin tinggi ukuran plafon rumah, maka ruangan akan terasa lebih segar dan melegakan. Kesan inilah yang dapat dimanfaatkan untuk membangun pemisah ruangan tanpa mempersempitnya. Sebagai contoh, anda bisa mendirikan dinding ruang tamu lebih tinggi dari ruang makan, sehingga ruang tamu terasa lebih sejuk dan suasana di ruang makan lebih akrab. Teknik ini juga sering diaplikasikan untuk hunian modern dengan model atap bertingkat.

5. Lantai

partisi-lantai.jpg

Pemanfaatan lantai sebagai partisi dilakukan dengan memilih bahan material yang berbeda untuk masing-masing ruangan. Biasanya, cara ini diterapkan saat kita ingin menyatukan dapur dan ruang makan dengan fungsi sendiri-sendiri. Sama seperti pada pemilihan cat, pastikan anda memilih lantai yang terpadu agar suasana di kedua ruangan ini tetap harmonis.

6. Tema

partisi-tema.jpg

Penerapan tema yang berbeda juga akan menegaskan jika suatu ruangan terdiri dari fungsi yang berbeda-beda. Misalnya, anda dapat menerapkan tema klasik pada ruang maka dan untuk ruang keluarga memakai tema minimalis berwarna cokelat. Usahakan dalam penggunaan warna pembangun tema, pilih paduan warna berjenis monokrom agar pesona kedua ruangan ini bisa mengalir lancar.

7. Hiasan Dinding

partisi-hiasan-dinding.jpg

Hiasan dinding juga bisa dimanfaatkan sebagai partisi visual. Cobalah menggantungkan berbagai hiasan dinding dengan konsep berbeda pada setiap ruangan. Lukisan, foto, dan wallpaper dinding bisa anda aplikasika untuk menciptakan kesan perbedaan yang lebih kuat. Penambahan aksesoris-aksesoris ini juga membuat interior tampak lebih berseni.