Furnitur
May22

Inilah Tips Memilih Meja Makan

tips-memilih-meja-makan.png

Tahukah Anda, tips memilih meja makan yang tepat? Keberadaan meja di ruang makan sangatlah penting. Selain sebagai tempat melekkan hidangan yang akan dinikmati, meja ini juga merupakan objek primer di sebuah ruang makan.

Memilih furnitur meja makan memang susah-susah gampang. Yang penting, selain memperhatikan faktor ukuran dan daya tampungnya, meja makan juga sebaiknya memiliki fungsi tambahan sebagai penghidup suasana ruangan makan. Berikut ini tips dalam memilih meja makan terbaik bagi keluarga Anda:

1. Bentuk meja

Setidaknya ada dua bentuk meja makan secara umum yaitu persegi dan lingkaran. Meja makan berbentuk persegi pas digunakan untuk rumah mungil yang mempunyai ruangan kecil. Peletakan meja berbentuk seperti ini akan harmonis dengan desain ruangan. Hindari penggunaan meja persegi panjang untuk ruang sempit. Sementara itu penggunaan meja makan berbentuk lingkaran atau elips bisa menimbulkan suasana hangat.

2. Jenis material

Meja makan yang berasal dari kayu masih menjadi primadona untuk menghiasi ruang makan. Pilihlah kayu murni yang kokoh seperti jati dan hindari meja dari kayu campuran yang dikompres menjadi papan. Meskipun lebih mahal, penggunaan kayu jati teruji lebih berkualitas dan tahan lama daripada menggunakan kayu campuran. Apabila Anda menginginkan suasana ruang makan yang berbeda dari biasanya, cobalah menggunakan meja makan dari marmer atau metal.

3. Keserasian ukuran

Jangan lupa untuk menentukan ukuran yang sesuai antara luas meja dengan luas ruangan. Jangan sampai menggunakan meja besar untuk ruangan kecil, dan meja terlalu kecil untuk ruangan yang besar. Tips yang bisa Anda coba adalah memilih bentuk meja makan yang sesuai untuk ukuran ruangan Anda. Lalu pastikan ada cukup ruang untuk Anda bergerak di sekitar meja dan kursi.

4. Dimensi yang tepat

Dalam memilih meja makan, Anda juga harus memperhatikan faktor dimensi dari meja tersebut. Standar umum untuk tinggi sebuah meja makan adalah 28-30 inchi. Ukuran tinggi sepeti ini akan memberikan kenyamanan saat duduk karena ada cukup ruangan di atas lutut dan meja sejajar dengan siku tangan ketika dalam posisi duduk. Untuk ukuran lebar yang normal adalah 36 inchi ke atas, baik itu berbentuk persegi maupun lingkaran.

5. Penggunaan meja makan

Apabila Anda sering mengundang orang lain untuk singgah ke ruang makan, ciptakanlah meja makan yang bisa menimbulkan suasana kehangatan. Meja persegi yang memiliki lipatan tersembunyi atau meja berbentuk bundar akan pas menghiasi rumah Anda. Selain akan cukup menampung seluruh rumah, meja-meja berbentuk seperti ini juga memungkinkan Anda berbicara secara tatap muka.

6. Pemilihan warna

Ketika hendak membeli meja makan, pertimbangkan penggunaan warnanya. Warna gelap bisa menimbulkan kesan kayu sedangkan untuk pemilihan warna terang bisa digunakan untuk menyamarkan material kayu. Sementara itu, jangan lupa untuk memperhatikan finishing yang digunakan. Apakah menggunakan glossy, cat, atau pernis. Perhatikan juga adanya lapisan kedap air agar meja terhindar dari noda makanan dan minuman.