Furnitur
Aug17

5 Tips Menghemat Pemakaian Listrik Kulkas

cara-menghemat-listrik-kulkas.jpg

Bagaimana cara menghemat pemakaian listrik kulkas? Seperti kita ketahui, fungsi kulkas sangat krusial yaitu menurunkan suhu sehingga bakteri tidak dapat hidup dan berkembang-biak. Alhasil makanan pun bisa tahan lebih lama.

Di sisi lain, kulkas merupakan penyumbang beban energi listrik terbesar di rumah. Lebih-lebih jika pemakaiannya tidak diatur, maka tagihan pun akan mudah membengkak.

Berikut ini beberapa cara dalam menghemat konsumsi listrik pada kulkas :

1. Gunakan Kulkas Berukuran Pas

Sebelum anda membeli kulkas, sebaiknya cek dulu seberapa besar sih daya tampung makanan yang anda butuhkan. Pertimbangkan juga makanan-makanan apa saja yang sebaiknya tersedia setiap saat dan jangan menyimpan makanan sampah/sisa di kulkas. Ukuran kulkas yang pas memungkinkan hasil output listrik akan digunakan sepenuhnya. Berbeda jika kulkas yang kita miliki terlalu besar, maka suhu dingin yang dihasilkan pun akan terbuang percuma.

2. Tempatkan Makanan Secara Berkelompok

Biasakan menyimpan makanan berdasarkan jenisnya agar kinerja kulkas bisa dirasakan dengan maksimal dan makanan tidak cepat basi. Sayuran dengan sayuran, buah dengan buah, ikan dengan ikan, begitu juga daging dan keju. Hindari menyimpan makanan dalam kemasan ke kulkas karena akan membuat kulkas bekerja ekstra, mendinginkan kemasan selanjutnya mendinginkan makanan. Hindari pula memasukkan makanan yang masih dalam kondisi panas ke dalam kulkas.

3. Hindari Membuka Kulkas Terlalu Sering

Setiap produk kulkas selalu dilengkapi lampu LED untuk bantuan pencahayaan. Adapun kinerja lampu ini adalah akan menyala otomatis ketika pintu kulkas dibuka, dan padam ketika pintu ditutup. Semakin sering anda membuka-menutup pintu kulkas, semakin sering pula lampu ini akan menyala-padam. Artinya, semakin besar pula konsumsi listrik pada kulkas tersebut.

4. Gunakan Model Kulkas Hemat Energi

Label hemat energi pada semua perangkat elektronik bukanlah isapan jempol. Label ini menandakan bila penggunaan listrik pada perangkat tersebut sudah diatur sedemikian rupa agar lebih efisien. Termasuk kulkas, produk yang hemat energi bahkan akan menurunkan konsumsi listrik rumah yang sangat fantastis dibandingkan dengan model jadul.

5. Letakkan Kulkas di Ruangan Sejuk

Biasanya kulkas diletakkan di dapur yang rawan dengan panas. Oleh karena itu, dapur yang sejuk dan ber-AC membuat kinerja kulkas menjadi lebih enteng dalam mendinginkan tubuhnya. Yang tak kalah penting, jangan pernah meletakkan kulkas di dekat kompor, serta usahakan ada jeda antara kulkas dan dinding sebagai sirkulasi udara.