Furnitur
Sep16

5 Tips Memilih Kitchen Set untuk Rumah Anda

tips-memilih-kitchen-set.jpg

Bagaimana tips memilih kitchen set? Kitchen set menjadi perabotan yang wajib ada di dapur-dapur bergaya modern. Karena ukurannya yang besar, furniture ini sangat mempengaruhi tampilan dapur secara keseluruhan, baik bagian fisik maupun suasana di dalamnya.

Tak perlu bingung dalam memilih mana kitchen set yang terbaik untuk rumah anda. Kuncinya terletak pada poin-poin di bawah ini :

Ukuran Dapur

Poin pertama, tentu saja menyesuaikan ukuran kitchen set yang akan dibeli dengan luas dapur yang tersedia. Jangan sampai dapur penuh sesak dengan keberadaan furniture ini. Pastikan masih tersisa ruang gerak yang cukup banyak di antara kitchen set tersebut. Maksimalkan juga area vertikal agar dapur terasa lebih lapang.

Peralatan Memasak

Apakah di dapur, anda hanya menggunakan kompor gas saja atau juga oven, microwave, dan blender? Apakah anda juga memiliki koleksi piring-piring yang ingin dipajang? Faktor-faktor ini pula akan mempengaruhi kitchen set mana yang paling tepat untuk rumah anda. Pastikan furniture tersebut mampu menampung semua peralatan memasak yang anda gunakan. Sehingga penataan dapur pun bisa dilakukan lebih rapi.

Kegiatan di Dapur

Kecuali tempat memasak, dapur juga biasa dimanfaatkan sebagai tempat mengobrol dan tempat makan. Bahkan suasana makan di dapur terasa lebih menarik berkat kombinasi kegiatan yang beragam tadi. Oleh karena itu, usahakanlah model kitchen set yang dipilih sesuai dengan kegiatan yang bakal anda sekeluarga lakukan di sana. Misalnya, jika dapur sering digunakan sebagai tempat makan, maka pastikan kitchen set tersebut mampu menampung piring-piring yang akan digunakan dalam menyiapkan hidangan.

Keselarasan

Di beberapa rumah, kitchen set sering digunakan sebagai partisi ruangan. Sebagai contoh adalah untuk membatasi dapur dan ruang makan, dapur dan ruang keluarga, serta dapur dan ruang tamu. Perlu diperhatikan, bentuk penataan ruangan seperti ini menuntut kitchen set yang mudah dibersihkan karena harus selalu nampak sempurna. Tidak mau kan orang lain mengecap anda jorok dan pemalas karena melihat kitchen set yang berantakan?

Desain

Aspek desain justru menjadi pertimbangan terakhir dalam memilih kitchen set yang sempurna. Kenapa? Hal ini dilakukan mengingat fungsi dapur lebih penting daripada tampilannya. Kitchen set yang menarik tidak bisa dikatakan bagus jika sifatnya tidak fleksibel dan hanya mempersulit kegiatan di dapur saja. Sebaliknya, desain yang sederhana terkadang malah akan mempermudah kita dalam memaksimalkan keberadaan dari kitchen tersebut.