Furnitur
Oct31

5 Tips Memilih Bak Cuci Piring atau Kitchen Sink

Bak cuci piring atau dikenal juga dengan istilah kitchen sink, menjadi furniture wajib pada dapur modern. Fungsi bak ini sangat penting, yakni sebagai tempat membersihkan peralatan makan anda sekeluarga. Adanya kitchen sink membuat tampilan dapur di rumah lebih bersih dan rapi.

Dalam memilih bak cuci yang tepat, anda perlu menyesuaikannya dengan faktor-faktor di bawah ini :

1. Faktor Ukuran

memilih-bak-cuci-piring.jpg

Sama seperti lainnya, anda perlu menyesuaikan ukuran bak yang akan dipakai dengan ukuran dapur yang tersedia. Semakin kecil dapur di rumah anda, bak yang dipilih pun hendaknya jangan terlalu besar. Hal ini berguna untuk menghemat tempat sekaligus menciptakan dekorasi yang proporsional.

2. Faktor Kedalaman

tips-memilih-bak-cuci-piring.jpg

Dengan bentuk wadah, bak cuci piring ini memiliki kedalaman rata-rata berkisar antara 20 cm sampai 25 cm. Sesuaikanlah kedalamanan bak dengan jumlah perabotan yang akan dicuci dalam satu waktu. Perlu diketahui, kedalaman bak akan mempengaruhi banyaknya air yang menyiprat keluar.

3. Faktor Material

cara-memilih-bak-cuci-piring.jpg

Ada cukup banyak bahan material pembuat bak, yang semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Misalnya, bak berbahan stainless steel terkenal mudah dirawat, tahan lama, dan tampak menarik namun bisa tergores dan rawan noda. Sementara bahan porselen besi terlihat sangat indah dan mengkilat berkat lapisan cat enamel di permukaannya, tetapi bisa berkarat jika tidak dipoles secara berkala. Lain lagi dengan bahan solid surface yang terkenal mahal dan mewah, tapi tidak tahan terhadap suhu tinggi.

Ada juga yang memanfaatkan batu alam agar bak semakin indah dan awet, namun bobot materialnya tergolong sangat berat. Sementara bak akrilik dikenal anti karat, anti gores, mudah dibersihkan, dan ekonomis, tapi di lain sisi mudah memuai dan retak jika terus-menerus berada di dapur bersuhu panas. Sedangkan, untuk bahan komposit, lebih tahan terhadap suhu dan mudah dibersihkan, tapi harganya sangat mahal.

4. Faktor Jumlah Bak

memilih-bak-cuci-piring-yang-tepat.jpg

Umumnya, dalam satu set bak cuci piring terdiri dari satu hingga tiga bak/mangkuk. Karena setiap mangkuk akan memakan ruangan, maka jumlahnya pun harus disesuaikan dengan ukuran dapur. Untuk dapur sempit, anda bisa memanfaatkan bak berjenis single bowl. Sementara, bak double bowl paling pas diaplikasikan jika anda sering memasak sambil mencuci piring. Nah, untuk jenis triple bowl, jenis ini tentu akan sangat pas bila diterapkan pada dapur yang selalu sibuk digunakan.

5. Faktor Pemasangan

memilih-bak-cuci-piring-untuk-dapur.jpg

Pemilihan kitchen sink juga bisa berdasarkan pada cara pemasangannya. Ada yang tinggal dimasukkan ke dalam lubang kitchen set, dipasang dari bawah meja, menyambung dengan permukaan kabinet, maupun yang sengaja ditonjolkan ke luar. Pemasangan yang berbeda tentu akan menimbulkan kesan dan bentuk pesawatn yang berbeda pula.