Furnitur
Dec7

5 Cara Pintar Memilih AC Rumah yang Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya, dalam memilih AC, anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan yang diperlukan. Apakah anda menambahkan AC hanya sebagai pendingin udara saja atau sekaligus sebagai filter udara? Apakah anda ingin membeli perangkat AC untuk ruang tamu atau kamar tidur? Semua faktor-faktor ini harus dipertimbangkan dengan matang karena akan menentukan pilihan yang tepat.

1. Beda Ruangan, Beda Pula Kapasitas AC-nya

memilih-ac-menurut-kapasitas.jpg

Setiap ruangan di rumah memiliki luas dan karakternya masing-masing. Tingkat kelembaban dan terpaan sinar matahari langsung yang mengenai ruangan tersebut juga berbeda-beda. Jadi, AC yang dipilih pun harus disesuaikan dengan sifat ruangan tersebut. Misalnya, AC untuk ruang tamu berbeda dengan AC untuk kamar tidur. Pada umumnya, kamar tidur memerlukan AC dengan kapasitas ½ PK karena tidak begitu luas dan selalu tertutup. Lain lagi dengan ruang tamu yang lebih luas dan menyatu dengan ruangan lainnya, anda membutuhkan AC berkapasitas ¾ hingga 1 PK untuk mendinginkan seluruh sudut ruangan.

2. Harga AC Murah Bukan Berarti Kurang Berkualitas

memilih-ac-menurut-harga.jpg

Kami memasukkan faktor harga di poin kedua karena meskipun kapasitas AC sama, selisih harganya bisa sangat tinggi. Hal ini terutama berkaitan dengan merk produk AC tersebut. Untuk memilih AC berdasarkan harga, pastikan sebelum membeli AC, anda melihat brosur penawaran AC terlebih dahulu. Dengan begini, anda bisa membandingkan berbagai produk AC dari segi harganya dengan sangat mudah. Ingat, harga yang rendah tidak selalu berarti bahwa kualitas AC tersebut juga ikut rendah. Berfokuslah pada AC sesuai anggaran dengan jaminan garansi yang mudah diklaim.

3. Pilih AC Jenis Permanen atau Portabel?

memilih-ac-menurut-mobilitas.jpg

Berkat kemajuan teknologi, saat ini produk AC tidak hanya tersedia dalam bentuk permanen, tetapi juga portabel. Beda kedua produk ini terletak pada tingkat kemudahan pemasangangannya. Jika AC permanen membutuhkan instalasi yang rumit, maka AC portabel bisa dipindah-pindahkan dengan mudah. Karena merupakan teknologi yang lebih baru, harga AC portabel lebih mahal dibandingkan dengan AC permanen. Selain itu, AC portabel juga memerlukan tenaga yang lebih besar untuk mendinginkan suatu ruangan.

4. Pertimbangkan Fitur-fitur Tambahan pada AC

memilih-ac-menurut-fitur-tambahan.jpg

Selain sebagai pendingin udara, beberapa produk AC juga telah ditanami fitur-fitur tambahan. Sebut saja, AC berkemampuan membersihkan udara, membasmi nyamuk, bahkan mematikan seluruh kuman dan bakteri di dalam ruangan. Ada juga produk AC yang dilengkapi dengan pengontrol waktu, pengatur daya, pengontrol suhu, sensor gerak, dan pengontrol kecepatan. Tentu, semakin banyak fitur yang dimiliki AC, semakin mahal pula harganya. Di sisi lain, AC yang terlalu banyak fungsi akan memaksa mesinnya bekerja keras, sehingga seringkali mudah rusak. Oleh karena itu, pastikan anda memilih AC dengan kemampuan yang benar-benar anda butuhkan.

5. Angka EER Tinggi = Hemat Energi

memilih-ac-hemat-energi.jpg

Berkat kesadaran untuk menggunakan energi listrik secara efektif, hampir semua produk AC sekarang telah dilengkapi dengan kemampuan hemat energi. Tingkat kemampuan penggunaan energi secara efisien ini bisa dilihat dari angka EER (Energi Efficienty Ratio). Nilai EER yang tinggi menandakan tingkat efisiensi perangkat tersebut juga tinggi, dengan kata lain, penggunaan daya listriknya rendah. Selanjutnya, keefektifan penggunaan energi ini akan berpengaruh pada tagihan listrik rumah yang harus anda bayarkan.