Furnitur
Nov12

5 Bahan Alami untuk Membersihkan Furniture Kayu

Apa saja bahan alami yang efektif dipakai untuk membersihkan furniture kayu? Untuk urusan menghias rumah, perabotan berbahan kayu memang bisa diandalkan. Bahan kayu ini memang sangat fleksibel dan bisa dibuat menjadi beragam bentuk furnitur, contohnya meja, kursi, lemari, kabinet, dan rak. Dalam segi desain, furnitur kayu juga serasi diterapkan pada berbagai gaya interior mulai dari tradisional, klasik, hingga modern. Tak ayal, kursi kayu juga bisa digunakan sebagai pengganti sofa modern di ruang tamu.

Agar pesona furnitur di rumah anda tidak cepat memudar, tentu perabotan kayu tersebut harus dibersihkan secara rutin. Noda sedikit saja bisa mengurangi keindahan furnitur milik anda. Nah, berikut ini 5 bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk membersihkan permukaan furnitur kayu dan menjaganya tetap berkilau.

1. Minyak Zaitun

membersihkan-furniture-kayu.jpg

Siapa sangka di balik khasiatnya yang bagus untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengembalikan kilau furniture kayu. Hal ini berkat kandungan minyak itu sendiri yang bisa masuk ke pori-pori kayu tanpa merusaknya. Adapun caranya adalah usapkan minyak ini pada permukaan furniture anda. Kemudian, ratakan lapisan minyak tersebut memakai kain bersih, kami lebih merekomendasikan memakai kain microfiber agar seratnya tidak melukai permukaan. Setelah itu, tunggu sekitar 30 menit agar minyak ini terserap masuk ke pori-pori. Terakhir, lap kembali perabotan tersebut agar tidak ada minyak yang masih berada di bagian permukaan.

2. Mineral Oil

tips-membersihkan-furniture-kayu.jpg

Mineral oil biasa digunakan untuk melembabkan suatu permukaan benda. Karakteristiknya yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mudah teroksidasi membuat bahan ini layak diperhitungkan untuk mengkilapkan kembali furniture kayu anda. Selain itu, penggunaan mineral oil ini juga membantu menghilangkan kotoran yang berada di permukaan. Cara mengaplikasikannya, teteskan mineral oil secukupnya ke perabotan, lalu gunakan spons yang lembut untuk meratakannya. Lakukan pelapisan ini sebanyak 2 hingga 3 kali sampai anda mendapatkan kilau yang sesuai keinginan.

3. Petroleum Jelly

cara-membersihkan-furniture-kayu.jpg

Sebenarnya, petroleum jelly ini mirip dengan mineral oil. Hanya saja jika mineral oil berbentuk cair, maka petroleum jelly berwujud gel. Oleh karena itu, sebelum anda mengoleskan gel ini ke furniture, permukaan furniture harus diseka dulu agar bersih dari debu. Sementara bila petroleum jelly yang anda beli terlalu padat, anda bisa mengencerkannya dulu dengan tambahan air agar lebih mudah diratakan ke perabotan. Langkah-langkahnya masih sama dengan sebelumnya yakni oleskan petroleum jelly ini ke permukaan furniture memakai busa agar permukaannya terlihat mengkilap.

3. Mayonais

panduan-membersihkan-furniture-kayu.jpg

Apakah di rumah anda ada sebotol saus mayonais? Daripada bingung mencari produk pengkilap kayu, coba manfaatkan saja mayonais tersebut. Caranya, ambil sedikit saus mayonais dan taruh di kain lap bersih. Selanjutnya, gosokkan kain ini ke permukaan kayu secara merata. Mayonais sangat ampuh menghilangkan noda pulpen dan tumpahan makanan.

5. Jeruk Nipis

bahan-alami-membersihkan-furniture-kayu.jpg

Jeruk nipis sudah lama dikenal sebagai bahan alami yang efektif membersihkan rumah. Pun buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda yang ada di permukaan furniture. Belah jeruk nipis ini menjadi dua bagian, lalu peras air sarinya. Usapkan air jeruk nipis tersebut pada noda membandel, lalu lap dengan kain lembut. Aroma jeruk nipis yang segar juga akan menciptakan daya tarik tersendiri pada furniture anda.