Furnitur
Nov15

4 Tips Mempercantik Sofa Lama Menjadi Baru

Ingin mempercantik tampilan sofa lama yang mulai nampak usang? Mengingat harganya yang mahal, sayang sekali bila anda membuang begitu saja furnitur sofa yang telah berada di rumah selama bertahun-tahun. Padahal hanya dengan sedikit penangangan saja, sofa tersebut bisa terlihat seperti baru lagi. Bagaimana caranya?

1. Membungkus Sofa dengan Slipcover

tips-mempercantik-sofa-lama.jpg

Ibarat sarung bantal, slipcover adalah sebutan untuk sarungnya sofa. Banyaknya ragam warna dan motif slipcover saat ini akan memudahkan anda dalam memilih mana yang sesuai dengan karakter interior rumah. Selain lebih murah, cara ini juga sangat praktis untuk menyembunyikan kerusakan pada permukaan sofa dan menghasilkan pesona yang tampak baru. Penggunaan slipcover ini pun terbilang sangat gampang, yakni cukup dengan membungkus sofa tersebut. Dengan kemudahan penerapannya ini memungkinkan slipcover bisa lebih rutin dicuci sehingga kebersihannya semakin terjaga.

2. Mengganti Cover Sofa

cara-mempercantik-sofa-lama.jpg

Jika kerusakaan body sofa anda sudah cukup parah, membungkusnya dengan slipcover saja tidak cukup. Anda perlu mengganti cover sofa tersebut secara permanen agar kualitas busanya tetap terjaga. Perlu diingat, apabila sofa yang rusak tersebut bermerk mahal, sebaiknya anda mengganti cover dengan bahan yang sama seperti sebelumnya. Hal ini dilakukan agar keorisinilan sofa tetap terjaga sehingga nilai sofa tersebut tidak menurun. Sebagai contoh, jika sebelumnya sofa yang anda miliki dilapisi dengan bahan beludru warna putih gading, maka jangan pernah menggantinya dengan bahan kulit. Wajib bagi anda untuk menggantinya dengan bahan beludru berwarna putih gading dengan kualitas yang sama.

3. Memberikan Finishing Ulang

tips-memperindah-sofa-lama.jpg

Teknik refinish bisa anda terapkan pada bagian lengan dan kaki sofa yang umumnya terbuat dari kayu. Pemberian sentuhan baru ini bertujuan untuk mengembalikan pesona pada permukaan kayu lama yang tampak usang. Biasanya, bahan yang digunakan sebagai refinish ini adalah plitur agar permukaan kayu kembali mengkilap. Dengan lengan dan kaki sofa yang tampak baru, seluruh bagian sofa pun ikut terlihat seperti baru juga.

4. Mendesain Ulang Bentuk Sofa

ide-mempercantik-sofa-lama.jpg

Teknik redesign dilakukan dengan jalan mengubah bentuk sofa tersebut sehingga terlihat berbeda daripada sebelumnya. Sebagai contoh, anda bisa menghilangkan lengan suatu sofa atau menambahkan ukiran pada kerangka kayu sofa. Dengan perencanaan yang tepat, cara ini tidak hanya akan mempercantik desain sofa saja, tetapi juga membuat penampilannya lebih menarik daripada bentuk sebelumnya.