Furnitur
Jun30

4 Tips Memilih Pemanas Air (Water Heater) yang Tepat

Bagaimana tips yang tepat dalam memilih pemanas air atau water heater? Sebagaimana namanya, pemanas air berfungsi untuk memanaskan/menghangatkan air yang dipakai untuk keperluan mandi. Berendam di air hangat dipercaya dapat meredakan penyakit-penyakit ringan seperti sakit kepala, migrain, pilek, batuk, dan stres. Bahkan dengan rutin mandi menggunakan air hangat, anda bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga.

tips-memilih-pemanas-air.jpg

Water Heater

Pada dasarnya, tidak terlalu sulit kok untuk memilih produk water heater yang tepat. Anda hanya perlu jeli dan teliti dalam menentukan mana yang sesuai dengan keinginan, budget, dan kondisi tempat tinggal anda. Nah, berikut ini adalah tips-tips dari Arafuru selengkapnya!

1. Pilih Produk yang Berkualitas Tinggi

Dalam membeli suatu produk konsumtif, utamakanlah kualitas di antara faktor-faktor yang lain. Biasanya, brand pemanas air menentukan bagaimana tingkat kualitasnya. Anda bisa meminta saran dari keluarga, kerabat, dan teman yang sudah memiliki water heater ini. Tanyakan bagaimana pengalaman yang mereka rasakan selama menggunakan produk pemanas air miliknya. Selain itu, coba juga searching di Google tentang pengalaman-pengalaman orang lain saat memakai pemanas air dari brand tertentu.

2. Sesuaikan Harga dengan Anggaran

Anggaran juga sangat menentukan kesesuaian pemanas air dengan anda. Jangan terlalu memaksakan diri, tidak selamanya produk yang mahal selalu memiliki kualitas yang lebih bagus. Ada baiknya anda jeli dalam memilih water heater berharga miring dengan spesifikasi di atas rata-rata dan dapat mencukupi kebutuhan penggunaan anda sekeluarga.

3. After Sales Service yang Bagus

Membeli pemanas air juga harus memperhatikan after sales service yang bakal diberikan oleh suatu brand. Pasalnya, layanan pasca pembelian ini tanpa disadari akan sangat membantu anda jika mengalami kendala-kendala terhadap produk tersebut. Bila anda keliru dalam memilih water heater dari brand yang mempunyai layanan purna jual yang buruk, bukan tidak mungkin water heater tersebut hanya akan tergeletak di kamar mandi sebagai hiasan saja. Jadi, jangan ragu memilih water heater buatan merk ternama yang tersohor akan kualitas layanannya, walaupun harga yang ditawarkan agak sedikit lebih mahal.

4. Pemanas Air Listrik atau Tenaga Surya

Di pasaran, setidaknya ada dua jenis produk pemanas air yaitu produk bertenaga listrik dan produk bertenaga surya. Water heater bertenaga surya tentu bersifat ramah lingkungan, memiliki daya tampung lebih besar, dan lebih awet. Tetapi harga yang dibandrol bisa mencapai sepuluh kali lipat lebih mahal daripada water heater bertenaga listrik. Sedangkan pemanas air listrik lebih cocok dipasang di apartemen dan rumah mungil, sementara pemanas air bertenaga surya idealnya dipasang di hotel dan rumah-rumah ukuran besar.