Furnitur
May7

4 Tips Memilih dan Menempatkan Sofa yang Baik

Ada yang bilang kalau memilih sofa itu mudah-mudah sulit. Di satu sisi kita wajib memperhatikan keindahan dan kenyamanan sofa tersebut. Namun di sisi lain, pemilihan sofa juga perlu disesuaikan dengan desain interior yang ingin diciptakan.

Dibandingkan dengan kursi dan bangku, sofa mampu memberikan kenyamanan yang berlebih. Tidak heran keberadaan sofa turut mempengaruhi tingkat kenyamanan yang dirasakan para tamu ketika bertandang ke rumah. Selain itu, sofa juga dapat difungsikan sebagai tempat bersantai sembari menonton televisi atau bercengkrama dengan keluarga.

tips-memilih-sofa-yang-baik.jpg

Sofa

Akan tetapi, ukuran sofa yang besar cenderung menyesaki ruangan. Oleh karena itu, pemilihan dan penempatan sofa harus diperhatikan dengan baik supaya tidak mengganggu suasana ruangan. Berikut ini adalah tips memilih dan menempatkan sofa ala Arafuru.com.

1. Sesuaikan Desain Sofa dengan Desain Ruangan

Penting bagi anda untuk memilih sofa yang berdesain sesuai dengan desain ruangan. Hal ini bertujuan agar sofa dapat menyatu dengan baik bersama unsur-unsur dekorasi ruangan sehingga suasananya akan terlihat harmonis. Misalnya pilih sofa bergaya minimalis untuk diletakkan di ruang tamu minimalis. Dengan langkah ini, sofa pun tidak akan merusak eksistensi ruangan, malah berhasil melengkapinya.

2. Sofa untuk Ruang Tamu

Untuk ruang tamu, disarankan mengkombinasikan sofa berbentuk kotak dengan sofa berbentuk L, sehingga pemanfaatan ruangan jauh lebih optimal. Pilih sofa yang terbungkus oleh kain polos atau kulit untuk menghasilkan kesan elegan. Namun bila anda tetap ingin bermain dengan corak, pilih corak yang berbentuk garis-garis guna mempertahankan kemewahannya.

3. Sofa untuk Ruang Keluarga

Untuk ruang keluarga, sofa yang dipilih sebaiknya sofa yang lembut, cozy, dan bergaya santai. Pilih sofa yang berukuran cukup besar serta bisa diatur ketinggian, kemiringan, dan bentuknya. Idealnya, sofa untuk ruang keluarga mempunyai pelapis dari bahan yang berwarna-warni dan dihiasi beragam corak yang menarik. Dengan demikian, sofa pun dapat memancarkan kesan yang akrab dan penuh kehangatan.

4. Permanis Sofa dengan Bantal Hias

Bantal-bantal hias bisa sangat membantu untuk memperindah tampilan sofa yang sudah dipilih. Rahasianya, gunakan bantal hias berwarna-warni dengan bentuk yang sama lalu susun secara berjajaran. Di samping akan meningkatkan kenyamanan sofa, warna bantal hias yang saling kontras akan menjadi aksesoris yang eye-catching. Interior rumah pun terasa lebih dinamis.